04/12/2022
Beranda » Menteri Agama Setuju MTQ Nasional Ditunda jadi November 2020

Menteri Agama Setuju MTQ Nasional Ditunda jadi November 2020

Padang, Rakyat Sumbar–Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVIII di Sumatera Barat ditunda. MTQ yang sebelumnya dijadwalkan pada Agustus 2020 diundur hingga November 2020.

Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Jasman Rizal mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menerima surat dari Kementeriam Agama terkait persetujuan penundaan pelaksanaan MTQ nasional tersebut.

“Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, MTQ Nasional, Kemenag menyetujui penundaan MTQ Nasional di Provinsi Sumbar dari 20-29 Agustus 2020 menjadi November 2020,” sebut Jasman, Kamis(16/4).

Dikatakannya,kepastian penundaan ini menjawab surat dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tertanggal 13 April 2020 yang ditujukan kepada Menteri Keagamaan.

“Secara prinsip Menteri Agama Fachrul Razi menyetujui MTQ Nasional untuk ditunda pada November 2020, namun untuk tanggalnya belum dipastikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta agar Kanwil Kemenag Sumbar menyurati Menteri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional yang akan digelar pada 28-29 Agustus 2020. Hal ini disebabkan wabah Covid-19 yang terjadi dan terus meningkat.

Waktu pelaksanaan diminta agar diundur menjadi November 2020 saat Covid-19 terjadi. Gubernur memastikan anggaran untuk pelaksanaan iven nasional itu akan dimasukan dalam APBD Perubahan 2020, karena anggaran yang ada saat imi direlokasi untuk menanggulangi wabah Covid-19 di Provinsi Sumbar.

“Kita optimis tidak akan ada persoalan berarti terkait anggaran pelaksanaan MTQ Nasional ini. Demikian juga tempat pelaksanaan yang diharapkan bisa selesai sebelum acara dimulai,” pungkasnya. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.