05/12/2022
Beranda » Hapus Diskriminasi Dunia Pendidikan

Hapus Diskriminasi Dunia Pendidikan

Wakil Ketua DPRD Padang Mastilizal Aye.

Dewan Bakal Panggil Kadis Pendidikan

Padang, Rakyat Sumbar– Mekanisme masuk sekolah yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Padang terus menuai protes.

Pesoalannya, banyak peserta didik cerdas yang mempunyai nilai bagus, namun siswa tersebut tak lolos mendaftar SMP negeri yang di harapkan. Apalagi sistem zonasi yang diberlakukan sangat memberatkan orang tua calon peserta didik.

Wakil Ketua DPRD Padang Mastilizal Aye menyesalkan mekanisme tersebut sehingga terjadi diskriminasi di dunia pendidikan.

“Sangat aneh sekali, siswa yang mempunyai nilai di atas rata-rata tidak dapat melanjutkan sekolah di SMP yang diinginkan. Oleh karena itu, DPRD akan minta penjelasan Dinas Pendidikan menyangkut hal ini supaya kita mengetahui apa penyebabnya,” ucap¬† Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang ini.

Aye menilai, jika harus masuk sekolah ke swasta, bakal banyak orang tua siswa tidak memiliki biaya karena biaya masuk di sekolah swasta unggulan sangat besar.

“Biaya masuk sekolah swasta itu besar, atau pemerintah berani memberikan subsidi agar mereka bisa sekolah di swasta, tentu saja tidak,” terang Aye.

Menyangkut sistem zonasi, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry meminta kepada Disdik untuk mensosialisasikan mekanisme PPDB zonasi ke masyarakat, agar tidak ada kesalahan saat mendaftarkan siswa.

Sementara, kepada walimurid diminta untuk ikuti aturan yang ada. Supaya anaknya bisa melanjutkan pendidikan.

“Jangan orang tua mengikuti keinginan anaknya, nanti jika tak terima di sekolah yang rugi mereka dan anaknya,” ucap kader Demokrat ini.(edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.