rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Waspada Penipuan Atas Nama PLN

Waspada Penipuan Atas Nama PLN

Ilustrasi salah satu penipuan bermodus penggantian nomor ID Pelanggan PLN yang sedang marak beredar.


Padang, rakyatsumbar.id – PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat waspada terhadap penipuan mengatasnamakan instansinya. PLN menyediakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile, untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan.

“Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran ataupun pihak-pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah biaya atau bayaran,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto.

Ia melanjutkan, belakangan ini marak terjadi penipuan dengan berbagai modus, seperti mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan.

“PLN tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran saat ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB),” ucap Gregorius.

Menurut Gregorius, modus terbaru, ada pihak mengaku sebagai petugas PLN dan melampirkan semacam bukti penggantian nomor ID pelanggan untuk dilunasi oleh pelanggan.

“Kami memastikan bahwa pihak tersebut bukan dari PLN. Semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan,” ungkap Gregorius.

Gregorius menegaskan, PLN  tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penggantian kWh meter, penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

“Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem PPOB, tidak ada pembayaran di rumah pelanggan,” ujarnya.

Gregorius mengimbau masyarakat  memperhatikan kelengkapan atribut petugas resmi PLN. Petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

“Jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123,” pungkasnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.