09/12/2022
Beranda » Sosialisasi Tim Monitoring Sasar Pengurus Masjid dan Musala

Sosialisasi Tim Monitoring Sasar Pengurus Masjid dan Musala

Bupati Agam, Indra Catri

Pemkab Agam Kawal Fatwa MUI Tentang Ibadah di Rumah

Agam, Rakyat Sumbar—Guna memastikan pelaksanaan ibadah selama Bulan Ramadhan 1441 H berjalan lancar, sesuai dengan syariat serta sejalan dengan protocol penanganan Covid–19, Pemkab Agam lakukan pemantauan dengan menurunkan tim Monitoring ke seluruh Kecamatan yang ada.

Tim Monitoring sendiri, sudah mulai turun semenjak hari pertama pelaksanaan ibadah puasa. Tim yang masing–masingnya diketuai oleh unsur Forkopimda Kabupaten Agam, Forum Diskusi Politik, Sekda, Asisten bertugas untuk memonitoring pelaksanaan ibadah Ramadhan diseluruh Nagari dan Kecamatan di Agam.

Total, ada 16 tim monitoring Ramadan yang dibentuk, total 40 mesjid akan dikunjungi oleh tim Monitoring ini.

Selain memonitor pelaksanaan Ibadah Puasa di bulan Ramadan, tim Monitoring ini juga melakukan pertemuan dengan beberapa tokoh masyarakat. Tim berdialog langsung dengan para pengurus masjid, musala, dan surau terkait penanganan Covid-19.

Berdasarkan laporan dari tim Monitoring yang sudah turun ke lapangan, didapat data, sampai hari ke 5 penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Sumatera Barat, dan hari ke 3 pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H, relatif berjalan dengan lancar dan tertib di Kabupaten Agam. Walau begitu, masih ada beberapa tempat ibadah yang melaksanakan Salat Jumat dan Tarwih berjamaah dalam suasana PSBB.

Padahal, pada 20 April 2020 lalu,  Ormas dan Lembaga Keagamaan Islam di Kabupaten Agam dalam rapat bersama Kementerian Agama Kabupaten Agam, telah bersepakat untuk mendukung PSBB di Kabupaten Agam. Ini berarti, kegiatan ibadah berjamaah di mesjid dan di musala dialihkan pelaksanaan ke rumah masing-masing.

Bupati Agam, Dr H Indra Catri melalui Tim Monitoring Pelaksanaan Ibadah Ramadhan 1441 H setempat, tidak bosan-bosannya menyampaikan kepada pengurus masjid/musala serta para jamaah agar bisa menahan diri serta mematuhi imbauan dan maklumat dari MUI dan Kementerian Agama.

“ kami berharap agar seluruh masyarakat mematuhi imbauan dan maklumat dari MUI dan Kementerian Agama. Untuk tahun ini, mari kita melaksanakan shalat jumat dan tarwih di rumah masing-masing,” ujar Indra Catri. (rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.