18/08/2022
Beranda » Penularan Lokal Meningkat

Penularan Lokal Meningkat

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Terinfeksi 102 Orang

Padang, Rakyat Sumbar—Jumlah masyarakat Sumbar terinfeksi virus Covid-19 bertambah lagi. Data per Minggu (26/4), total yang positif sudah 102 orang.

“Ada penambahan 5 orang positif. Total warga Sumbar yang telah terinfeksi covid-19 sampai hari ini adalah 102 orang,” beber Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, kemarin.

Penambahan tersebut berdasarkan hasil pengujian 300 sample Swab yang dilakukan Tim Laboratorium Fakultas Kedokteran UNAND. Penambahan berasal dari Kota Padang 3 orang dan Kabupaten Pesisir Selatan 2 orang.

Jasman menjelaskan, dari pola yang diamati tim gugus, kecenderungan penularan bukan lagi hanya secara imported case atau kasus menimpa seseorang yang baru kembali dari luar negeri, tanpa terkait dengan kluster manapun. Namun juga telah menular secara local transmission  atau penularan yang terjadi secara lokal, atau di lokasi tempat pasien positif berada saat ini, karena kontak dan berinteraksi dengan orang yang terinfeksi sebelumnya.

Penyebabnya, diantaranya karena tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan pemerintah.

Rata-rata semua warga yang baru dinyatakan positif beberapa hari ini, hampir semuanya karena local transmission. Dari 5 orang yang dinyatakan positif terinfeksi hari ini, semuanya terinfeksi karena kontak dengan orang yang sebelumnya juga telah juga positif (local transmission). (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.