25/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sastra Munafri Sandang Gelar Doktor, Lulusan Pertama dengan Karya Cipta Inovatif

Sastra Munafri Sandang Gelar Doktor, Lulusan Pertama dengan Karya Cipta Inovatif

Dr.Sastra Munafri,S.Sn,M.Sn usai menjalani Sidang Terbuka Program Doktoral di Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Padang, rakyatsumbar.id—Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Sastra Munafri,S.Sn,M.Sn selesaikan program doktoralnya di Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (30/08/2023).

Sastra Munafri ditetapkan lulus ujian program doktoralnya setelah karya cipta inovatifnya berupa Model Pelatihan Simulasi Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Berbasis Seni Musik untuk Anak-anak Sekolah Dasar.

Dosen Penguji Prof Dr Dedi Ermon M.S pada kesempatan itu menyampaikan, Disertasi yang disampaikan oleh Sastra Munfari merupakan Disertasi lulusan pertama yang sesuai dengan Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 53 Tahun 2023.

“Dimana, produk yang dihasilkan berupa Buku Model, Buku Instruktur dan Lagu Jangan Panik. Ini ini satu-satunya hasil disertasi yang sudah memenuhi kriteria yaitu penelitian yang menghasilkan karya cipta inovatif dan teruji,” kata Prof. Dr. Dedi Ermon M.S.

Dosen penguji terdiri dari Penguji Internal Prof Drs , Yeni Rozimela, M.Ed.Ph.D, Prof Dr Indang Dewata,M.Si, Prof Dr Dedi Ermon,MP, Drs Ir Heldi, Ph,D dengan Penguji Eksternal Prof. Andar Indra Sastra,S.Sn.M.Hum.

Sementara, Promotor terdiri dari Prof. Dr. Eri Barlian M.D dan Co Promotor Dr. Ahmad Fauzi M.Si

Sastra Munafri pada kesempatan itu, menyampaikan, karya cipta inovatif yang dihasilkannya tersebut merupakan salah cara atau representasi yang disederhanakan berupa pelatihan dalam sebuah pembelajaran untuk anak-anak dalam simulasi mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami berbasis seni musik.

“Penelitian ini dilakukan di daerah Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman sejak tahun 2016, dengan menghasilkan sebuah lagu berjudul Jangan Panik dan dilanjutkan dengan penelitian pembuatan model pelatihan dengan metode pengembangan 4D,” sebutnya.

Sementara, terkait produk yang dihasilkan berupa model pelatihan, buku instruktur dan audio video. Ketiga produk ini dapat menyumbangkan dan mendukung kurikulum kebencanaan di sekolah khususnya mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami di daerah sepanjang pantai barat Sumatra.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada promotor dan Co promotor yang telah mendampingi selama proses penyiapan disertasi ini dan juga kepada Dosen Penguji Internal dan Eksternal dari awal proses hingga selesainya disertasi ini,” urainya.

Sastra Munafri juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses penggarapan disertasi, baik dari civitas ISI Padangpanjang maupun dari masyarakat Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman yang menjadi lokasi penelitian. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.