Jadilah Be Smart Human

5051
Imratul Handayani, S.Pd, M.Pd

Oleh  : Imratul Handayani, S.Pd, M.Pd

(Dosen STAI Imam Bonjol Padangpanjang)

Stay at Home (di rumah saja). Segala aktivitas  dikerjakan di rumah, mulai aktivitas belajar mengajar hingga pekerjaan kantor. Semua bisa dilakukan dari rumah.

Anjuran untuk Stay at Home, tidak pergi ke tempat keramaian adalah kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Saya sebagai warga negara Indonesia tentu harus dan wajib patuh dengan aturan yang telah ditetapkan. Namun keluar rumah jika ada hal yang mendesak, seperti membeli kebutuhan pangan.

Supaya kegiatan menjadi lebih produktif dari rumah atau tidak sekadar tiduran saja, saya mencoba  aktivitas  berjemur sebelum pukul 9 pagi, kira-kira 15 menit, setelah itu berolahraga ringan contohnya work out. Membaca media online guna melihat situasi dan perkembangan dunia terkait  politik hingga perkembangan Virus Corona.

Di saat saya mengajar kuliah online, sedikit saya sisipkan edukasi kepada mahasiswa agar tidak memperkeruh suasana dan meminta mereka untuk menyebarkan berita positif dan mengedukasi masyarakat baik melalui media sosial ataupun secara langsung.

Mencoba untuk mengisi waktu saya juga bereksperimen dengan memasak cemilan di rumah karena saya suka makan. Biasanya, sebelum Stay at Home hanya beli di luar. Juga mengikuti kelas menulis online yang digawangi  Pegiat Literasi Kota Padangpanjang, kakak Muhammad Subhan, kelas ini free dan banyak ilmunya, hingga tentunya menambah wawasan dan minat saya di kepenulisan.

Bagi kawan-kawan yang Stay at Home, jangan jadikan ini  penjara. Ciptakan kegiatan dari rumah tapi bisa menggemparkan dunia. Misalnya bagi bapak dan ibu yang biasa hari-hari bekerja di kantor pergi pagi hingga pulang sore, tentunya kebersamaan bersama anak-anak sangatlah terbatas. Saat stay at home, kurangilah pegang gawai, luangkan waktu bersama anak-anak, dengan mendampingi mereka belajar. Juga kegiatannya memasak bersama, biarlah sedikit capek namun pasti ada kesan yang mendalam bagi anak-anak.

Juga bisa ikut menggalang donasi via online guna membantu rekan-rekan  kalangan ekonomi menengah ke bawah, yang kesulitan ekonomi efek dari stay at home yang sangat berdampak sekali kepada mereka, apalagi yang berada di zona merah.

Menyebar berita positif dan edukasi rekan-rekan terdekat mengenai epidemi virus ini, tapi ingat jangan ikut memperkeruh suasana yang hanya menambah kepanikan masyarakat. Terakhir salurkan bakat yang selama ini terhalang oleh kegiatan di luar rumah misalnya saja menyulam, bercocok tanam dalam pot atau berkebun, bahkan menjahit. Jadikan lah aktivitas dalam rumah yang menyenangkan. Pesan saya adalah Be Smart Human, jangan tunggu nanti tapi kerjakan semampu yang kita bisa. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here