05/12/2022
Beranda » Sepakat, Rp32,5 M Pokir DPRD Sumbar Tanggulangi Covid-19

Sepakat, Rp32,5 M Pokir DPRD Sumbar Tanggulangi Covid-19

Padang, Rakyat Sumbar—Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Syamsul Bahri mengungkapkan, 65 anggota dewan akan alokasikan dana pokok pikiran (pokir) sebesar Rp500 juta per dewan.  Dana ini untuk penanggulangan dampak penyebaran virus corona Covid-19.

Syamsul Bahri mengatakan, jumlahnya pokir yang bakal digeser untuk anggaran Covid-19 ini, totalnya mencapai Rp32,5 miliar.

“Secara garis besar anggaran yang diambil dari pos Pokir itu, dialokasikan untuk konsumsi pangan masyarakat,” ujar dia, Rabu (8/4) sore.

Setelah kebijakan antisipasi penyebaran Covid-19 diberlakukan, lanjutnya, banyak masyarakat mengalami gangguan ekonomi dan masuk dalam golongan orang miskin baru. Hal ini mesti menjadi perhatian bersama,

“Anggaran yang disediakan untuk penanganan Covid-19  harus segera dieksekusi,” tegasnya.

Hasil pergeseran anggaran yang didapatkan harus direalisaikan, jangan hanya melakukan pengkajian terus menerus, sementara kehidupan masyarakat yang terdampak ekonomi turus berjalan.

Dilanjutkanya, pada kondisi sekarang, banyak masyarakat yang mengeluh terkait ekonomi maupun keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD).

“Segeralah eksekusi anggaran dan bahaslah mekanisme penyaluran bantuan, ” tegasnya.

Dia berharap setiap kebijakan yang diambil mesti diiringi dengan optimalisasi dalam penerapan. Dalam beberapa hari kedepan, DPRD akan melakukan peninjauan terhadap alokasi anggaran yang dilakukan. Untuk dewan pokir tersebut diberikan dalam bentuk bahan pokok pada daerah pemilihan masing-masing.

Sementara itu, Anggota Fraksi Gerindra Nurkhalis Datuak Bijo Dirajo mengatakan, dewan telah melakukan pembahasan relokasi dari pokir melalui rapat koordinasi pimpinan. Untuk pelaksanaan, dewan melakukan pengkajian personal dalam pergeseran dana yang tersedia di dalam pos Pokir.

“Pokir ini sudah ada programnya, jika mendesak seperti ini. Pengalihan dana Pokir sesuai dengan kondisi bencana non alam,” katanya. (isr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.