23/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Hujan Deras Disertai Badai Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang di Bukittinggi

Hujan Deras Disertai Badai Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang di Bukittinggi

Hujan deras disertai badai mengakibatkan banjir dan pohon tumbang di Bukittinggi.

Bukittinggi, rakyatsumbar.id – Hujan deras disertai badai yang mengguyur Kota Bukittinggi sepanjang Senin (27/3/2023) mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa titik serta kasus pohon yang tumbang.

Seperti di RT 2/RW 1 Kelurahan Pulai Anak Aia, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi. Banjir terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

Anggota Tagana Bukittinggi, Yuhardi mengatakan untuk sementara sekitar 40 rumah atau KK terendam banjir.

“Banjir ketinggiannya mencapai 1 meter, sudah banyak yang dievakuasi keluar dari rumah,” jelasnya.

Menurutnya, daerah ini merupakan langganan banjir karena topografi kerendahan.

Banjir terjadi akibat luapan Banda Malang. Sementara, hingga pukul 20.50 WIB malam ini, air masih tinggi dan listrik mati. Meski demikian, hujan sudah mulai reda.

Saat ini baik petugas BPBD maupun Tagana masih berada di lokasi untuk pendataan dan evakuasi warga. Banjir biasanya surut dalam beberapa jam ke depan.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Bukittinggi Ibentaro Samudra saat di hubungi via Whatsapp mengatakan, dengan cuaca hujan deras serta angin kencang yang melanda kota Bukittinggi usai berbuka puasa, mengakibatkan lima titik terkena banjir dan pohon yang tumbang, ucapnya.

“Dari 5 titik termasuk di taman pahlawan, Garegeh, Kotoselayan parit antang pohon tumbang yang disebabkan oleh hujan dan angin kencang, mengakibatkan plang merek Taman makam pahlawan patah, dan Pagar TMP juga runtuh” ujarnya.

Dari peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa, sedangkan dalam evakuasi baik banjir maupun Pohon tumbang sebagian sudah selesai di bersihkan sebagian lagi dalam pengerjaan, pungkas Ibentara saat berita ini diturunkan (rn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.