rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Generasi Muda mesti Pahami Kearifan Lokal

Generasi Muda mesti Pahami Kearifan Lokal

Anggota DPRD Sumbar, Hidayat, saat dialog kebudayaan di, Padang, Jumat (1/9).


Padang, rakyatsumbar.id – Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Hidayat, mengatakan, generasi muda di daerahnya harus bisa memahami potensi-potensi kearifan lokal Minangkabau.

“Dengan pengenalan terhadap budaya sendiri, kita berharap menjadi kebanggaan dengan budaya kita,” kata Hidayat saat dialog kebudayaan yang Muda Yang Berbudaya bertemakan menulis nilai-nilai adat di era digital di Jalan Batang Naras Alai Parak Kopi, Padang, Jumat (1/9).

Ia melanjutkan, kearifan lokal yang harus dipahami generasi muda adalah potensi budaya bahasa daerah.

“Selain itu, potensi budaya kesenian tradisional, permainan anak tradisional serta literasi cagar budaya,” ucap Hidayat.

Menurut Hidayat, generasi muda Minangkabau tidak perlu bangga terhadap budaya orang lain, sebab belum tentu cocok dengan nilai budaya sendiri.

“Budaya kita memiliki kearifan luar biasa seperti nilai gotong royong dan toleransi, disiplin, tanggung-jawab sosial dan juga menghargai keberagaman budaya dan juga keyakinan,” ungkap Hidayat.

Hidayat menyampaikan disain budaya sendiri akan mengusulkan nilai ekonomi produktif dan ekonomi kreatif.

“Kita berharap budaya kita bisa menghasilkan ekonomi dengan tarian tradisional, alat musik dengan berkolaborasi berbagai instansi seperti dinas kebudayaan, pariwisata,” sebut Hidayat. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.