24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mengentaskan pengangguran PKM UNP Latih Alumni untuk PPH

Mengentaskan pengangguran PKM UNP Latih Alumni untuk PPH

Sesi foto bersama peserta PKM UNP


Padang, rakyatsumbar.id – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang (UNP) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pendamping Proses Produk HALAL (PPH) untuk pendampingan sertifikasi halal self-declare produk UMK bagi alumni Departemen Biologi UNP.

Ketua tim PKM UNP Afifatul Achyar, M.Si menjelaskan, kegiatan yang berlangsung pada 2-3 September 2023. PKM UNP ini terselenggara atas kerjasama Departemen Biologi FMIPA UNP, ILUNI Biologi, dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UNP.

“Kegiatan pelatihan ini penting untuk dilakukan mengingat bahwa berdasarkan data Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun-tahun sebelumnya, jumlah alumni Departemen Biologi yang mendapat pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan setelah lulus terbilang rendah”, jelasnya saat di temui awak media. Senin (4/9)

Oleh karena itu, Afifatul Achyar menjelaskan, dengan melakukan pelatihan pendamping proses produk halal (PPH) bagi alumni Departemen Biologi FMIPA UNP, di harapkan dapat memiliki kapasitas dan kompetensi untuk mendampingi pelaku usaha UMK dalam sertifikasi halal produknya melalui skema self-declare.

“Pelatihan yang melibatkan 30 orang alumni Biologi dari berbagai daerah di Sumbar dan Riau ini, bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi alumni Biologi yang belum terserap di dunia kerja. Apalagi, pada saat ini Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI kekurangan SDM dalam melakukan sertifikasi halal untuk produk-produk yang beredar di Indonesia,” jelasnya.

Afifatul Achyar memaparkan juga, dalam PKM ini, pihaknya melakukan penyampaian materi tentang sertifikasi halal skema self-declare dan praktek simulasi pendampingan proses produk halal (PPH). Kompetensi calon pendamping PPH dievaluasi dan dijadikan sebagai indikator kelulusan.

“Target yang ingin kita capai, para alumni Departemen Biologi mendapatkan nomor registrasi dan akun pendamping pada aplikasi siHALAL (https://ptsp.halal.go.id), sehingga para pendamping PPH sudah resmi mendampingi pelaku usaha UMK dalam sertifikasi halal produk-produknya,” jelasnya.

Afifatul Achyar menambahkan, kegiatan yang berlangsung di Laboratorium Microteaching Departemen Biologi FMIPA UNP ini di buka langsung oleh Kepala Pusat Kajian Halal UNP yakni Miftahul Khair, Ph.D, sekaligus menjadi pemateri pertama yang membahas tentang Kebijakan dan Regulasi Jaminan Produk Halal (JPH) 2023.

“Selain Miftahul Khair, Ph.D sebagai narasumber, PKM menghadirkan juga Ketua LP3H UNP Edi Saputra, M.Pd, Tim Trainer LP3H UNP Rahmi Holinesti, M.Si, Afifatul Achyar, S.Si, M.Si, Al-Ikhlas, LC, MA, dan *Rahmat Hidayat, M.Si,” jelasnya.

“Di hari ke dua, pelatihan menghadirkan narasumber dari tim Tim Pendamping dari LP3H UNP Venny Irmi dengan materi Penggunaan Aplikasi Si Halal BPJPH bagi Pelaku Usaha,” ujarnya.

Ketua Departemen Biologi UNP Dr. Dwi Hilda Putri, M.Biomed menyatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk mendukung peningkatan jumlah alumni untuk mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu 6 bulan setelah tamat kuliah.

“Program ini sangat penting sekali untuk menciptakan dunia kerja bagi alumni. Apalagi pada saat ini, BPJPH Kementerian Agama RI kekurangan SDM dalam melakukan sertifikasi halal untuk produk-produk yang beredar di Indonesia,” ungkapnya.

Ketua ILUNI Biologi UNP, Deni Asra, S.Si saat dihubungi berharap kegiatan ini terus dilakukan secara periodik.

“Kita berharap, kegiatan ini terus berlangsung, minimal pertahun. Hal ini bertujuan untuk pembekalan bagi alumni untuk berkiprah memajukan kampung halamannya,” ucap Ketua DPRD Limapuluh Kota ini.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang yang terdiri dari Afifatul Achyar, M.Si., Dr. Violita, M.Si., Rijal Satria, Ph.D. dan Dr. Vauzia, M.Si. (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.