29/11/2022
Beranda » Alhamdulillah, BLT Pemprov Sumbar Disalurkan Mulai Hari Ini

Alhamdulillah, BLT Pemprov Sumbar Disalurkan Mulai Hari Ini

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (kiri) dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat rapat penanganan Covid-19.

1,3 Juta KK Dikucuri Rp1,2 Juta, Ini Daftar Daerah yang Memenuhi Persyaratan 

Padang, Rakyat Sumbar—Pemprov Sumbar memastikan, hari ini, Kamis 30 April, bantuan sosial (Bansos) dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 1,3 Kepala Keluarga (KK), bisa mulai disalurkan.

“Data yang masuk itu sudah diproses di Keuangan. Mungkin besok (Kamis, 30 April) sudah bisa dikirim lewat pos dan diantar oleh petugas pos ke rumah penerima masing-masing. Bantuan yang akan diterima adalah senilai Rp1,2 juta per keluarga untuk dua bulan.

Gubernur mengakui, memang untuk menyalurkan tahap awal ini, tidak semua masyarakat di 19 kabupaten/kota atau daerah, yang dapat menerima. Hal ini dikarenakan persoalan administrasi data yang belum lengkap.

Dia menuturkan, hingga kemarin, hari kedelapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Bansos untuk warga terdampak Covid-19 memang belum disalurkan. Penyaluran tersendat akibat sulitnya proses validasi data di tingkat pemerintah daerah.

Irwan mengatakan, Bansos belum dicairkan karena masih menunggu data dari daerah. Sejauh ini, dari 19 daerah, baru empat yang menyerahkan data, yaitu Padang Panjang, Pariaman, Sawahlunto dan Agam.

“Kami masih menunggu data kabupaten/kota lainnya,” kata Irwan.

Dia menuturkan, di wilayah Sumbar ada tujuh jenis bantuan untuk warga yang bakal dikucurkan. Baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten kota, antara lain bantuan program keluarga harapan, sembako, prakerja, bantuan dari Kementerian Sosial, Kementerian Desa, Provinsi Sumbar, dan pemkab/pemkot. Satu keluarga mendapat satu jenis bantuan.

Kata Irwan, total Kelapa Keluarga (KK) yang mendapat Bansos hampir 1,3 juta. Adapun jumlah semua keluarga di Sumbar sekitar 1,6 juta KK. Satu keluarga mendapatkan bantuan senilai Rp600.000 per bulan untuk tiga bulan. (mul)

1 thought on “Alhamdulillah, BLT Pemprov Sumbar Disalurkan Mulai Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.