12/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Wakil Rektor UNP Meninggal Dunia

Wakil Rektor UNP Meninggal Dunia

Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan  Universitas Negeri Padang (UNP), Hendra Syarifuddin.


Padang, rakyatsumbar.id – Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan  Universitas Negeri Padang (UNP), Hendra Syarifuddin, meninggal dunia di RSUP Dr. M Djamil, Padang, Rabu, (30/8) pagi.

“Benar, meninggal sekira pukul 09.30 WIB tadi. Kabar tersebut beredar di grup WhatsApp kampus kami,” kata Sekretaris UNP, Erianjoni, saat dihubungi awak media, Rabu (30/8).

Erianjoni melanjutkan, almarhum menghembuskan nafas terakhir saat menjalani perawatan di RSUP Dr. M. Djamil, Padang.

“Almarhum dirawat akibat penyakit kanker yang dideritanya dalam setahun terakhir ini. Beliau divonis kanker dan juga telah dilakukan tindakan operasi,” ucap Erianjoni.

Berdasarkan situs resmi UNP, Hendra Syarifuddin lahir di Paninggahan, Kabupaten Solok pada 12 Desember 1967.

Hendra Syarifuddin menyelesaikan sarjana pada jurusan Pendidikan Matematika FMIPA tahun 1992 di IKIP Padang.

Jenazah di bawa ke Rektorat UNP, Air Tawar Padang untuk dilaksanakan pelepasan jenazah, kemudian disalatkan di Masjid Al-Azhar Kampus UNP.

Selanjutnya almarhum yang meninggal duni pada usia 56 tahun, dan meninggalkan 4 anak itu dimakamkan di kampung halaman, di Paninggahan Solok.

“Kita kehilangan salah satu akademisi dan pimpinan di UNP, beliau memiliki dedikasi dan daya juang yang tinggi untuk lembaga,” kata Rektor UNP Prof. Ganefri.

Ia menyampaikan, di tengah terbaring sakit dalam satu tahun terakhir masih selalu hadir rapat jika dilakukan secara Daring.

“Semoga Allah SWT membalas pengorbanan dan pengabdian beliau untuk negeri ini,” ungkap Ganefri.

Selanjutnya, ia menamatkan studi Magister di tahun 1998 pada bidang Matematika di Institut Teknologi Bandung, dan mendapatkan gelar S3 di Curtin University of Technology Pert Australia di bidang Matematika tahun 2013.

Sebelum dikukuhkan sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, almarhum dipercaya menjadi Ketua Jurusan Pendidikan Matematika (2019-2020), Wakil Dekan 2 FMIPA (2015-2019), Staf Ahli Rektor I (2013-2015).

Selain itu, juga pernah dipercaya sebagai Sekretaris Jurusan Matematika (2017-2009), Kepala Laboratorium Komputasi dan Statistika (2004-2007), dan Ketua Laboratorium Matematika (2000-2004). (edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.