13/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » DPRD Sumbar Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 

DPRD Sumbar Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Irsyad Syafar, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022.


Padang, rakyatsumbar.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Irsyad Syafar, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022, dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (29/8).

Penghargaan untuk unsur pimpinan DPRD Provinsi Sumbar Kategori DPRD Provinsi Terbaik dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2022.

“Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra yang diraih pimpinan DPRD Sumbar merupakan yang ketiga kalinya,” kata Irsyad Syafar.

Ia menyampaikan, DPRD Sumbar sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah dinilai KLHK sebagai lembaga yang peduli terhadap lingkungan hidup.

“Ada 22 DPRD se Indonesia yang dilakukan penilaian oleh KLHK, DPRD Sumbar, masuk dalam terbaik penghargaan tersebut,” ucap Irsyad.

Menurut Irsyad, penghargaan ini akan dijadikan motivasi untuk lebih mengoptimalkan pengelolan lingkungan hidup dalam prinsip pembangunan berkelanjutan

“Penerapannya tentu sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) seperti pembentukan Perda, penganggaran hingga pengawasan,” ungkap Irsyad.

Ia menyampaikan, selain DPRD Sumbar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar juga menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022.

“Artinya, ada komitmen antara Pemprov dan DPRD dalam menjaga lingkungan hidup dalam program pembangunan berkelanjutan,” sebut Irsyad.

“Ada juga daerah yang pimpinan DPRD nya dapat, tetapi pemerintah daerah tidak. Di Sumbar ada juga Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dapat dan DPRD nya juga dapat,” tambahnya.

Ia menyatkan, dalam hal komitmen menjaga lingkungan hidup DPRD Sumbar telah membahas dan menghasilkan Perda, antara lain Ranperda Perhutanan Sosial, Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Ia menambahkan, dari segi penganggaran, pengajuan Pemprov Sumbar dalam program lingkungan hidup DPRD selalu mendukung.

“Tindak lanjut dari dua hal itu, tentu dilakukan pengawasan setelahnya sesuai dengan Tupoksi DPRD,” bebernya.

Sementara itu, Menteri Siti Nurbaya

menyampaikan, Nirwasita Tantra merupakan penghargaan pemerintah kepada Pemda atas keberhasilan merumuskan dan menerapkan kebijakan ataupun program kerja sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

”Kita tahu persis bahwa tidak mudah untuk merumuskan serta menjaga kebijakan dasar, kebijakan operasional, dan pelaksanaannya di lapangan bagi pemda. Ini terutama pada subyek sumber daya alam dan lingkungan yang kita sebut konsistensi,” pungkasnya. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.