24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Tinjau Command Center, Dadan : Agar dipantau Percepatan Pemulihan Listrik Pelanggan

Tinjau Command Center, Dadan : Agar dipantau Percepatan Pemulihan Listrik Pelanggan

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral yang juga merupakan Anggota Dewan Komisaris PT PLN (Persero) Dadan Kusdiana, tinjau keandalan pasokan listrik pada moment tahun baru 2024 di Provinsi Sumatera Barat melalui Command Center PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar pada jumat (29/12).


Jakarta, rakyatsumbar.id – Tinjauan ini sejalan dengan Kunjungan Kerjanya yang bertujuan untuk mengecek sistem penanganan gangguan terpusat sekaligus monitoring tingkat pelayanan gangguan listrik PLN di Wilayah Sumbar.

“Dalam momen Tahun Baru ini, PLN memiliki peran penting untuk mendukung kelancaran kegiatan masyarakat Sumbar. Tidak boleh ada gangguan apapun yang dapat mempengaruhi aktivitas warga. PLN selalu siaga dalam menjaga kualitas ketersediaan listrik dengan baik,” ucap Dadan.

Dalam kunjungannya ke Command Center PLN, Dadan juga menyampaikan apresiasi atas persiapan dan antisipasi yang dilakukan oleh seluruh tim PLN UID Sumbar yang tetap bekerja 24 jam selama cuti natal dan tahun baru guna melayani dan memastikan kenyamanan 1,65 Juta pelanggan PLN di Sumbar.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menjelaskan di momen masa siaga Nataru PLN UID Sumbar PLN sangat siap dan yakin memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada masyaraka. Kehadiran Command Center yang merupakan transformasi sistem penanganan gangguan pelanggan secara terpusat, dengan 53 petugas Command Center, 16 petugas Callback, 32 petugas Dispatch, 4 petugas Pengendali Shift, dan 1 orang Koordinator, serta 796 petugas Layanan Teknik (Yantek) yang tersebar di 30 Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN UID Sumbar tanpa mengoptimalkan layanan kelistrikan masyarakat.

‘’PLN berkomitmen mengawal Masa Siaga Natal dan Tahun Baru 2024 demi kenyamanan masyarakat Sumbar beraktivitas di momen libur Nataru. Maka layanan pengaduan dan keluhan yang ditangani melalui Command Center dipastikan akan tetap berjalan cepat dan akurat, dan petugas tetap siaga 24 jam,” terang Eric.

Eric menambahkan Command Center mengintegrasi informasi dan komunikasi sistem kelistrikan di wilayah kerja PLN UID Sumbar sehingga seluruh laporan atau pengaduan pelanggan terkait layanan kelistrikan melalui PLN Mobile dapat termonitor dalam satu kesatuan secara langsung lewat sistem aplikasi terpusat.

“PLN terus memantau percepatan pemulihan padam pelanggan sekaligus mengkroscek keluhan dan pengaduan yang masuk ke sistem. Kami juga giat mengedukasi pelanggan untuk
rutin mengecek instalasi listrik secara berkala untuk meminimalisir gangguan listrik,”ungkap Eric.

Rangkaian program strategis ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan gangguan kelistrikan dengan berfokus pada peningkatan _response time_ atau percepatan respon gangguan dan _recovery time_ atau percepatan penanganan gangguan. Command Center juga membuat pelanggan dapat mengetahui proses dan durasi tindak lanjut pengaduannya hingga selesai seperti layaknya layanan transportasi online saat ini.

“Pelanggan dapat memonitor proses pengaduan dan bisa melihat lokasi petugas sehingga menuntut petugas pelayanan teknik untuk merespons lebih cepat pengaduan gangguan kelistrikan dan mengerjakannya sesuai prosedur,”tambah Eric.

Eric berharap pada momen Tahun Baru ini, pelanggan dapat tetap mempercayakan layanan kelistrikannya kepada PLN dengan menggunakan PLN Mobile secara aktif.

“Jika ada yang perlu ditangani oleh petugas kami, silakan segera laporkan melalui PLN Mobile. Dengan demikian, masyarakat dapat beraktivitas menikmati liburan dengan tenang dan nyaman. Untuk layanan kelistrikan, percayakan kepada PLN,” jelasnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.