12/08/2022
Beranda » Tim Gugus Sumbar Bantah Data Covid-19 Nasional

Tim Gugus Sumbar Bantah Data Covid-19 Nasional

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal

Ini Penjelasan Jasman Soal Data Tidak Sinkron

Padang, Rakyat Sumbar–Terkait ketidakcocokan data covid-19 Provinsi Sumbar di update data nasional, Tim Gugus Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar tegas menyatakan, tim daerah tidak pernah absen melakukan update data tiap hari.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar sekaligus juru bicara khusus Percepatan Penangananan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, update data dilakukan tiap hari sebelum jam 12.00 WIB.

“Kenapa tidak masuk, kita tidak tahu, dari kita tiap hari melaporkan,” ujar Jasman dikonfirmasi kemarin malam (5/4).

Dia meminta masyarakat memahami kondisi saat ini, mengingat banyaknya data yang mesti di input oleh tim gugus pusat, sehingga data jadi tidak sinkron.

“Yang harus jadi acuan masyarakat tetap data provinsi, karena kita yang diberi tanggungjawab soal kondisi di daerah,” jelas dia.

Jelas Jasman, update data dilakukan pihak Dinkes Sumbar melalui satu orang yang ditunjuk. Soal kenapa tidak masuk ke nasional, dia menilai mungkin saja data itu menumpuk, karena banyaknya data korban yang harus diupdate tim gugus nasional.

Diberitakan sebelumnya, ketidaksinkronan data update korban virus corona Covid-19 di Indonesia, terjadi antara pusat dan daerah. Kondisi ini terlihat dari jumlah korban di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan sejumlah provinsi lain.

Hingga per hari ini (Minggu, 5/4/2020) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 masih mengupdate data, pasien positif Covid-19 Sumbar sebanyak 8 orang, meninggal 0. Padahal Sejak 28 Maret lalu pasien meninggal 1 orang, dan hingga hari ini jumlah pasien positif sudah 17 orang. (isr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.