18/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Terdampak Abu Vulkanik Erupsi Gunung Marapi, BIM Kembali Ditutup

Terdampak Abu Vulkanik Erupsi Gunung Marapi, BIM Kembali Ditutup

Padang, rakyatsumbar.id—-Untuk kedua kalinya, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kembali ditutup. Akibat erupsi Gunung Marapi, Jum’at (05/01/2024).

Hal ini di perkuat dengan terbitnya surat edaran dari Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara wilayah VI Capt. Megi H. Helmiadi tertanggal 05 Januari 2024.

Dalam surat tersebut dijelaskan, berdasarkan Volanic Ash Advisory Center (VAAC) Darwin, Australia, serta hasil positif dari paper test di lapangan, maka dengan ini Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah Vl Padang memerintahkan

kepada Executive General Manager PT Angkasa Pura ll Bandara Internasional Minangkabau untuk menutup atau menghentikan kegiatan operasi penerbangan di BIM yang di mulai pukul 10.45 WIB hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC BIM Indrawansyah saat di hubungi Harian Rakyat Sumbar menjelaskan, akibat erupsi Gunung Merapi, sebanyak 18 penerbangan dari dan ke BIM di batalkan.

“Untuk keberangkatan sebanyak 10 penerbangan di batalkan, dan 8 pesawat yang akan mendarat di BIM juga di batalkan. Pada saat ini Pesawat Garuda dari Jakarta dan Batam seharusnya mendarat di BIM, di alihkan ke Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara,” tutupnya.

Indrawansyah menambahkan, di prediksi BIM akan di tutup hingga Sabtu pukul 10.45 WIB.

“Di prediksi, BIM akan di tutup hingga Sabtu pukul 10.45,” tutupnya. (Edg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.