17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Sumbar Berpeluang jadi Host Porwanan XIV 

Sumbar Berpeluang jadi Host Porwanan XIV 

Padang, rakyatsumbar.id – Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Indonesia mendukung Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Indonesia (Porwanas) XIV.

Pernyataan dukungan dan disepakati tersebut terungkap saat rapat koordinasi Ketua SIWO PWI se-Indonesia melalui online, Rabu (5/4/2023).

Rapat yang dipandu oleh Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Suryansyah berlangsung hampir satu setengah jam lebih.

Pada umumnya Ketua SIWO PWI se-Indonesia mendukung Sumbar menjadi tuan rumah Porwanas yang berkemungkinan akan dilangsungkan pada Agustus 2024 mendatang.

Menurut Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa sebenar ada empat provinsi yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Porwanas. Pertama Solo, Aceh, Kaltim dan Sumatera Barat.

Dari empat provinsi tersebut hanya Sumbar yang lebih serius. Hal itu dibuktikan ada surat rekomendasi dari Gubernur H. Mahyeldi dan Ketua DPRD Sumbar Suryadi.

“Dari empat provinsi yang mengajukan diri, hanya Sumbar yang serius dengan diiringi surat dukungan dari gubernur dan ketua DPRD,” ujar Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa pada rapat koordinasi tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekjen SIWO PWI Pusat, Suryansyah. Ia mengaku salut atas perjuangan yang gigih Sumbar ingin menjadi tuan rumah yang dukung oleh gubernur dan ketua DPRD.

“Saya mengucapkan terima kasih dan salut kepada Ketua SIWO PWI Sumbar, Uda Syaiful, Ketua PWI Sumbar, Uda Basril Basyar dan gubernur serta ketua DPRD telah gigih dan berjuang untuk menjadi tuan rumah Porwanas XIV. Selamat buat Sumbar,” tambahnya.

Meski demikian, katanya keputusan final dari tuan rumah Porwanas tersebut akan ditentukan oleh PWI Pusat. Sebab itu gawenya PWI Pusat, SIWO Pusat hanya memberikan rekomendasinya saja.

“Tapi biasanya semua rekomendasi yang diberikan SIWO Pusat, PWI pusat tidak pernah menolaknya,” tambah dia menyakinkan.

Sebenarnya, pada Rakernas SIWO di Medan pada Februari lalu, Solo yang menggebu-gebu mengajukan jadi tuan rumah Porwanas. Namun tidak diiringi keseriusan, karena tidak ada sehelai kertas pun yang diberikan untuk membuktikan keseriusanya ke SIWO Pusat.

“Setelah beberapa kali dikontak dan di kirim WA, namun tidak ada respon sama sekali oleh Ketua SIWO Solo. Terus terang saya menyesalkan tidak ada respon yang sebelumnya menggebu-gebu ingin jadi tuan rumah. Seharusnya kan bisa dibalas, kalau tidak bisa tuan rumah ya bilang aja, kan beresnya,” sesalnya.

Rapat koordinasi tersebut, selain dihadiri oleh Ketua SIWO se-Indonesia, di Sumbar selain dihadiri Ketua SIWO Syaiful Husein, Ketua PWI Basril Basyar juga dihadiri Sekretaris SIWO Andri Besman, Bendahara Scince Astra dan Mario S. Nasution.

Syaiful Husein mengucapkan terima kasih kepada SIWO se-Indonesia terutama kepada ketua dan Sekjen SIWO PWI Pusat mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya merekomendasikan Sumbar jadi tuan rumah Porwanas XIV.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan SIWO PWI Pusat yang akan merekomendasikan Sumbar jadi tuan rumah Porwanas.

“Hasil rapat koordinasi ini nanti kami sampaikan ke Gubernur Sumbar, agar kami bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi iven yang dilaksanakan sekali tiga tahun ini,” tambahnya.

Pada akhir rapat koordinasi tersebut, disepakati akan ada pertemuan antara Gubernur, Ketua SIWO, Ketua PWI Sumbar dan lainnya bertemu dengan Ketua PWI Pusat dan Ketua SIWO Serta Sekjen di Jakarta untuk membicarakan lebih serius menjadi tuan rumah tersebut.

Selain itu direncanakan seluruh ketua SIWO se-Indonesia akan berkunjung ke Kota Padang untuk melihat venue cabang pertandingan. Direncanakan jadwalnya selesai Hari Raya Idul Fitri.

Sebelumnya direncanakan Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) SIWO PWI Pusat yang menjadi tuan rumah Sumbar pada 8-9 April 2023.

Tapi di penghujung pada hari H-nya, banyak di antaranya ketua SIWO se-Indonesia tidak bisa hadir, maka disepakati hanya dilaksanakan rapat koordinasi saja untuk mengganti Rakernaslub tersebut untuk menunjuk siapa yang bakal jadi tuan rumah Porwanas XIV.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.