09/12/2022
Beranda » Seluruh Kasus Baru di Sumbar Penularan Lokal

Seluruh Kasus Baru di Sumbar Penularan Lokal

Tim Gugus Tugas saat melakukan rapid tes terhadap puluhan warga di Kecamatan Simpati, Kabupaten Pasaman.

Total Positif Covid-19 Jadi 195 Orang

Padang, Rakyat Sumbar—Jumlah penderita positif Virus Korona (Covid-19) di Provinsi Sumbar bertambah terus. Kondisi terakhir hingga Minggu 3 Mei pukul 15.00 WIB, jumlah penderita sudah 195 orang.

“Untuk per 3 Mei, ada tambahan 13 orang lagi. Lalu untuk warga yang Sembuh juga bertambah, 5 orang,” ujar Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, kemarin malam.

Penambahan kasus baru masih tertinggi diidap warga Kota Padang, yaitu sebanyak 9 orang dari berbagai usia dan profesi. Ada paramedis, ibu rumah tangga, tukang ojek, karyawan BUMN, buruh dan pelajar.

“Semuanya terinfeksi secara local transmission dari orang yang sebelumnya juga telah terkonfirmasi terinfeksi Covid-19,” jela Jasman.

Untuk wilayah domisili pasien, Jasman menjelaskan, warga Kota Padang yang baru terinfeksi ada yang tinggal di Ulak Karang, Gunuang Sariak, Sawahan, Lubuak Bagaluang, Kuranji, Jati, Koto Tangah, Alai dan lain-lain.

“Warga yang terkonfirmasi ini 2 orang dirawat, yakni di RS Semen Padang Hospital dan RSUP M Jamil Padang. Selebihnya sebanyak 7 orang lagi isolasi mandiri di rumah masing-masing,” ujar dia.

Selain Padang, daerah lain yang juga terdapat kasus baru yakni, dari Nagari Panyalaian Kab Tanah Datar, sebanyak 2 orang. Mereka terinfeksi dari warga setempat yang sebelumnya telah positif. Dari Panyalaian Tanah Datar ini, ada anak balita laki-laki umur 1 tahun dinyatakan positif dan sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Selain itu, penambahan juga terdapat di Kota Payakumbuh.  Terkonfirmasi 2 orang. Mereka merupakan hasil pengembangan dan tracing dari warga Payakumbuh yang sebelumnya positif dan lagi dirawat di RSUD Adnan WD. Kedua warga ini sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Disisi lain, kita patut bersyukur, karena ada 5 orang lagi dinyatakan sembuh. Sebarannya, dirawat di RSUP M Djamil 1 orang, merupakan dokter pria 88 tahun dari Padang Timur.

Selanjutnya dari RSUD Rasyidin, wanita 36 tahun karyawan swasta. RS Unand 2 orang, warga Lubuak Gadiang dan Ganda Permai dan dari RSUD Pariaman 1 orang warga Sintuak juga dinyatakan sembuh.

Jasman melanjutkan, dari 195 orang positif Covid-19, 74 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 45 orang, Bapelkes 15 orang dan di BPSDM 11 orang, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 35 orang.

Sementara untuk total Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sebanyak 8.319 orang. Terdiri dari, proses pemantauan 352 orang. Selesai Pemantauan 7.967 orang.

Lalu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 445 orang. Dari 445 PDP tersebut, 54 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 381 orang dan isolasi diri di rumah 10 orang. (mul)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.