12/08/2022
Beranda » Satu Siswa Setukpa Sembuh, Dua Kali Tes Swab Negatif

Satu Siswa Setukpa Sembuh, Dua Kali Tes Swab Negatif

Padang, Rakyat Sumbar — Satu dari dua siswa Setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) asal Polda  Sumbar sembuh dari Covid-19. Hasil tes swabnya dinyatakan negatif setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara, Padang. 

“Betul, sudah sembuh setelah dua kali diuji swab, hasilnya negatif. Namun, masih ada satu lagi siswa Setukpa yang dirawat,” kata Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sucipto, menjawab telpon Rakyat Sumbar, Jumat (17/4) siang. 

Ia melanjutkan, pasien tersebut sudah diperbolehkan pulang untuk beristirahat di rumah. Namun, selama dirumah yang bersangkutan harus menjaga kesehatan, dan menerapkan anjuran pemerintah. 

“Karumkit sudah diarahkan untuk membolehkannya pulang, tetapi apakah pulang hari ini atau besok belum diketahui. Ia sudah beberapa hari dirawat,” ucap Sucipto.  

Masih kata Sucipto, kedua siswa Sektupa tersebut pasien Covid-19 kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka sempat menjalani karantina di SPN Padang Besi, sebelum dinyatakan terpapar virus Covid-19. 

“Satu sudah sembuh dan segera pulang, sedangkan satu lagi menjalani perawatan sesuai prosedur penanganan Covid-19. Obat-obatannya didatangkan dari Pusdokkes Mabes Polri,” ungkap Sucipto. 

Ia menjelaskan, tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Bhayangkara, Padang, dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), dengan kualitas bagus. 

“Peralatan APD dari Pusdokkes, kualitasnya sangat bagus yang sangat direkomendasikan,” sebut Sucipto.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu, mengatakan sembuhnya satu dari dua siswa Setukpa tersebut merupakan sebuah kabar baik. 

“Benar, sudah sembuh satu orang. Ini pasien atau siswa Setukpa yang pertama kali dinyatakan positif Corona tersebut. Sekarang telah dinyatakan negatif melalui tes swab,” ungkap Satake.

Menurut Satake, sebenarnya kedua pasien tersebut dites swab secara bersamaan. Namun, hasil tes swab kedua pasien berbeda. Mereka pasien OTG. 

“Tapi, yang masih positif ini akan diuji lagi swabnya. Mudah-mudahan saja hasilnya negatif, sehingga bisa dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah,” tutur Satake. 

Terpisah, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Padang, Kompol dr. Andre, menyampaikan, pasien yang sembuh tersebut telah dites swab dua kali dalam minggu ini. 

“Tes Pada Rabu lalu negatif, dan hari ini Jumat hasilnya negatif juga, dan dinyatakan sembuh. Kita pulangkan hari ini yang bersangkutan,” sebut Andre. (byr)

Foto: Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sucipto, ketika memberikan arahan kepada sejumlah siswa Setukpa yang menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel Kota Padang. (ISTIMEWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.