04/12/2022
Beranda » Sambil Edukasi Cegah Korona, Tim Pengabmas Dosen FKM Unand Bagi Sembako dan Masker

Sambil Edukasi Cegah Korona, Tim Pengabmas Dosen FKM Unand Bagi Sembako dan Masker

Bukittinggi, Rakyat Sumbar — Warga RT 04, Kelurahan Ladang Cakiah, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi, mengikuti edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Edukasi ini dari Tim Pegabdian Masyarakat Dosen Fakultas Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand ini, upaya mencegah penularan virus Korona (Covid-19).

“Sosialisasi edukasi kepada warga setempat telah dilakukan pada, Minggu, 17 Mei 2020. Langkah ini untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan masyarakat,” kata Ketua Tim, Dosen FKM Unand, Anggela Pradiva Putri, kepada Rakyat Sumbar, Kamis (21/5) siang, melalui Whatsapp.

Ia melanjutkan, sebagai praktisi akademis di bidang kesehatan masyarakat, edukasi ini merupakan wadah penting untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat.

“Kami ingin melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar dengan memberikan pencerdasan langkah-langkah dan tindakan yang benar dalam menghadapi wabah Covid-19 ini,” ujarnya.

Masih kata Anggela, penerapan PHBS adalah rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin mencuci tangan, menjaga kesehatan, memakai masker saat ke luar rumah, serta melakukan segala tindakan untuk kesehatan.

“Kami berharap masyarakat lebih sadar dengan kebersihan dan kesehatan, serta terbantu dalam aspek ekonomi yang diakibatkan oleh wabah ini. Oleh sebab itu,  masker yang diberikan kepada warga agar digunakan jika keluar rumah,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain edukasi PHBS, pihaknya juga memberikan 40 paket Sembako kepada masyarakat. Penyerahan secara simbolis diberikan kepada Ketua RT 04, Riko.

“Sembako berupa beras 5 Kg, telur 15 butir, minyak goreng 2 liter, gula 1 Kg dan masker. Sembako itu diantar langsung ke rumah warga yang telah didata oleh Ketua RT tersebut,” tuturnya.

Ia mengakhiri, Tim Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Dosen FKM Unand ini terdiri dari beberapa tim. Semua Tim Pengabmas melakukan misi kemanusiaan terutama disaat wabah Korona melanda.

“Tim Pengabmas dana DIPA Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand. Tim Pengabmas pada tim ini adalah saya sendiri,  dosen lainnya , Melisa Yenti, Mega Utami Basra, serta mahasiswa yaitu Devhani Fitri, Intan Rahma Sari, dan Ulfa Fadhila Farhan,” tutup Anggela Pradiva Putri. (byr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.