05/12/2022
Beranda » Ruang Kreatif Hamasah Jalin Kerjasama dengan Kominfo Padang Panjang

Ruang Kreatif Hamasah Jalin Kerjasama dengan Kominfo Padang Panjang

Penyerahan SK KIM Ruang Kreatif Hamasah oleh Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim kepada Pembina Ruang Kreatif Hamasah Imratul Handayani.

Padangpanjang, rakyatsumbar.id–
Ruang Kreatif Hamasah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Imam Bonjol Padangpanjang terus mengembangkan diri, dengan menjalin Kerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Padangpanjang.

Bentuk kerjasama yang dilakukan, dengan menjadikan Ruang Kreatif Hamasah sebagai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan dari Dinas Kominfo Kota Padangpanjang, ditandai dengan penyerahan SK KIM Hamasah oleh Kepala Dinas Kominfo Drs.Ampera Salim,SH,M.Si kepada Pembina Hamasah Imratul Handayani,M.Pd, di sekretariat Ruang Kreatif Hamasah, Selasa (07/07/2020).

Kedatangan Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim yang didampingi Plt.Kabid IKP Budiono,S.ST dan Staf Kominfo Juli tersebut, merupakan balasan dari kunjungan Pengurus Ruang Kreatif Hamasah STAI Imam Bonjol Padangpanjang, beberapa waktu lalu.
Selain penyerahan SK KIM, Ampera Salim bersama Budiono dan Juli Desi Putri juga menyempatkan berbincang-bincang dengan pembina dan pengurus Ruang Kreatif Hamasah tentang perkembangan industri kreatif di tanah air.

Kepala Dinas Kominfo Drs.Ampera Salim,SH,M.Si foto bersama tim ruang kreatif Hamasah.

“Saya dapat kabar, Ruang Kreatif Hamasah ini sudah menerbitkan dua buah buku antologi. Nanti, buku saya juga dicetak disini,” kata Ampera Salim mengawali pembicaraan yang dipandu Relawan Hamasah.

Dalam kesempatan itu, Ampera Salim juga meminta kepada relawan Hamasah untuk terus mengembangkan kemampuan, terutama dalam bidang industri kreatif. Dimana, industri kreatif sangat menjanjikan.

“Sekarang banyak bermunculan youtuber-youtuber dengan penghasilan yang cukup lumayan, belum lagi pengelola vlog dan bloger. Pekerjaan mereka, hanya mengupload perjalanan-perjalanan ke daerah tertentu dan menyiapkan konten-konten dengan konsep kekinian,” sebutnya.

Ditambahkan Budiono, Dinas Kominfo akan memberikan pembinaan-pembinaan bagi pelaku industri di Kota Padangpanjang, terkait penyediaan dan pengeditan konten-konten yang akan ditayangkan.

“Kominfo selalu terbuka untuk untuk itu, karena kami tidak memiliki anggaran untuk program pelatihan, tetapi kami hanya bisa memfasilitasi untuk pembuatan konten dan pengelolaannya,” sebut Budiono.

Budiono juga menambahkan, untuk saat ini, Pemerintah Kota Padangpanjang juga telah melaunching Padangpanjang TV yang tayang secara streaming. Dimana, konten-kontennya berisi tentang pelayanan dan administrasi pemerintahan di Kota Padangpanjang.

“Kita juga membuka sesi dialog interaktif yang dipandu Desi Juli Putri, dengan menghadirkan kepala-kepala OPD maupun lembaga-lembaga kemasyarakatan. Nanti Hamasah juga bisa melakukan dialog interaktif terkait program-program unggulan di Hamasah,” ajak Budiono.

Sementara itu, Pembina Ruang Kreatif Hamasah Imratul Handayani mengaku cukup surprise dengan kedatangan Kepala Dinas Kominfo dan jajaran ke sekretariat Ruang Kreatif Hamasah. Apalagi, Ruang Kreatif Hamasah masih tergolong baru keberadaannya sebagai salah satu organisasi di STAI Imam Bonjol Padangpanjang.

“Mudah-mudahan, dengan adanya kerjasama dengan Dinas Kominfo ini, bisa semakin mengembangkan dunia literasi, khususnya di STAI Imam Bonjol Padangpanjang maupun di Kota Padangpajang secara umum,” sebut Imratul Handayani.

Pada kesempatan itu, Imratul Handayani juga memberikan dua buku antologi yang telah diterbitkan Ruang Kreatif Hamasah dan menyampaikan, dalam waktu dekat juga akan terbit buku antologi ketiga, dengan genre komedi.

“Insya Allah, Ruang Kreatif Hamasah akan terus mengasah kemampuannya, apalagi sudah ada kerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Padangpanjang,” sebut Imratul seraya menyerahkan buku antologi puisi Simpul Hati dan Antologi Cerpen Pijar Asmaradahana kepada Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.