17/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Prihatin Atas Kemelut KONI Sumbar, KONI Daerah Angkat Bicara, Usung 9 Rekomendasi

Prihatin Atas Kemelut KONI Sumbar, KONI Daerah Angkat Bicara, Usung 9 Rekomendasi

Suasana diskusi dan koordinasi KONI kabupaten/kota se-Sumbar yang berlangsung di Kota Padangpanjang, Rabu (11//2023).

Padang, rakyatsumbar.id – Tidak kunjung selesainya masalah di tubuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, membuat 19 KONI kabupaten/kota angkat bicara.

Aksi itu dibuktikan melalui diskusi dan koordinasi KONI daerah yang berlangsung di Pondok Baselo Baramas, Kota Padangpanjang, Rabu (11/1/2022) yang dihadiri oleh 16 perwakilan KONI daerah.

Pada pertemuan itu, KONI kabupaten/kota se-Sumatera Barat merekomendasikan kepada Gubernur dan Dispora Sumbar, termasuk KONI Sumbar untuk menindaklanjuti 9 poin hasil diskusi dan koordinasi tersebut.

Poin pertama hasil pertemuan itu adalah mengharapkan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah merestui kepengurusan KONI Sumbar saat ini sehingga segera dilakukan pelantikan pengurus.

Sekaligus memohon gubernur dapat menghadiri pelantikan pengurus KONI Sumbar.

Hal ini demi keberlanjutan pembinaan dan kemajuan prestasi olahraga Sumatera Barat kedepannya. Terutama menghadapi Porprov XVI/2023 Sumbar, Porwil, Pra Pon dan persiapan atlet Sumbar menuju PON ke 21 di Medan dan Banda Aceh.

Poin kedua, KONI Sumbar diharapkan segera menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) atau Rapat Kerja (Raker) demi eksistensi dan keberlangsungan pembinaan olahraga ranahminang.

Selanjutnya, poin ketiga, mencabut SK Gubernur Sumatera Barat nomor: 426-9326-2022 tanggal November 2022 tentang penetapan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov XVI-2023.

Poin keempat, meninjau surat Dispora Sumatera Barat nomor 426-/6181/Dispora/PPO/XII/2022 tanggal 29 Desember 2022 tentang poin 8 tentang pelaksanaan Porprov XVI-2022.

Poin kelima, agar Pemprov Sumbar menyerahkan surat tugas kepada KONI Sumatera Barat terkait pelaksanaan Porprov XVI-2022.

Keenam, Kota Padangpanjang mengusulkan waktu pelaksanaan Porprov XVI-2023 Sumbar digelar akhir Agustus hingga awal September 2023.

Kesepakatan ketujuh, Kota Padang dan Kota Padangpanjang tidak pernah menyatakan mundur sebagai tuan rumah Porprov XVI-2023 dengan catatan, proposal yang diberikan ke Dispora Sumbar diakomodir sesuai dengan yang diusulkan.

Poin kedelapan, Porprov akan tetap digelar pada tahun 2023. Sentra poin kesembilan, tinjau ulang penetapan Cabor dengan 8 kriteria sesuai anggaran.

Berharap 9 Poin Hasil Koordinasi Dipenuhi

Ketua KONI Kota Solok, Rudi Horizon berharap hasil diskusi dan koordinasi KONI daerah tersebut dipenuhi. Sehingga gairah olahraga di Sumatra Barat kembali terasa, terutama dengan pelaksanaan Porprov.

Di sisi lain, ia ingin KONI Sumbar dan pemerintah daerah bergandengan tangan dan sama-sama melakukan pembinaan terhadap olahraga.

Lantaran tak lama lagi akan berlangsung Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), Pra PON atau Kejurnas yang merupakan babak kualifikasi PON 2024.

“Kami yakin Gubernur Sumbar berpikir untuk kemajuan, pembinaan serta prestasi olahraga Sumbar pada PON 2024 mendatang.”

“Semoga dalam waktu dekat juga digelar pelantikan pengurus KONI Sumbar, sehingga dengan ini KONI Sumbar akan fokus melakukan pembinaan olahraga,” pungkas Rudi Horizon. (rif)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.