14/08/2022
Beranda » Polda Sumbar Gelar Donor Darah

Polda Sumbar Gelar Donor Darah

Kapolda Pantau Langsung Bakti Kemanusiaan saat Covid-19

Padang, Rakyat Sumbar — Polda Sumbar melaksanakan donor darah, di ruangan Jenderal Hoegeng, Lantai IV Mapolda, Kamis (9/4). Donor darah saat Covid-19 mewabah merupakan yang kedua kali pada bulan ini.

“Donor darah tersebut untuk mengantisipasi kekurangan darah dan menyelamatkan pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu.

Ia melanjutkan, donor darah tersebut merupakan kedua kali pada bulan ini, dalam kurun waktu   tujuh hari, sebelumnya juga dilaksanakan donor darah pada 2 April 2020.

“Pada donor darah tersebut sebanyak 83 kantong darah terkumpul, sedangkan donor darah sebelumnya 64 kantong, total 147 kantong dan diserahkan kepada PMI,” ujar Satake.

Foto: Wakapolda Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto, didampingi sejumlah PJU, mengecek personel yang donor darah.


Masih kata Satake, donor darah ini dilaksanakan Biro SDM Polda Sumbar dan Biddokkes Polda Sumbar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang.

“Polri selalu aktif melaksanakan bakti sosial kesehatan untuk membantu sesama, terutama untuk kemanusiaan. Ini merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan,” sebut Satake.

Ia menyatakan, Polri sebagai penolong masyarakat yang membutuhkan darah selalu siap menolong PMI dan warga yang membutuhkan darah.

“Polisi tetap membantu persediaan darah di Kota Padang, walaupun pandemi Covid-19 sedang mewabah, dengan harapan bisa meringankan tugas PMI,” ulas Satake.

Foto: Kabiddokkes Kombes Pol dr. Sucipto mendampingi Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu, saat mengikuti donor darah.


Sementara itu, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Sumbar, Kombes Pol dr. Sucipto, mengatakan donor darah ini merupakan kegiatan Biro SDM Polda Sumbar, sedangkan   Biddokkes hanya memfasilitasi saja.

“Ada instruksi dari Mabes Polri untuk melaksanakan donor darah, dan ini sangat bermanfaat demi kepentingan kemanusiaan, apalagi Covid-19 sedang mewabah,” tutur Sucipto.

Donor darah tersebut langsung dipantau oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Wakapolda Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto, dan Pejabat Utama (PJU) lainnya.

Sejumlah PJU juga ikut donor darah seperti Dirresrkimum Kombes Pol Imam Kabut Sariadi, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu, serta PJU lainnya. (byr)


Foto utama: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, memantau Dirreskrimum Kombes Pol Imam Kabut Sariadi, yang mendonorkan darahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.