08/12/2022
Beranda » Pemkab Agam Relokasi Anggaran untuk Kepentingan Penanganan Corona

Pemkab Agam Relokasi Anggaran untuk Kepentingan Penanganan Corona

Agam, Rakyat Sumbar–Pemerintah Kabupaten Agam persiapkan anggarannya untuk penanganan virus Corona (Covid-19). Bahkan daerah ini sudah dua kali melakukan relokasi anggaran.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto mengatatakan, pertama, Pemda Agam siapkan dana Rp 10 miliar. Namun, seiring berjalannya waktu dan ada arahan dari Gubernur terkait status pasien ODP yang dirawat di daerah, untuk ini ditambah menjadi Rp 12 miliar.

“Untuk merawat pasien dengan status ODP, Pemerintah Daerah mempersiapkan ruang isolasi di RSUD Lubuk Basung yang bisa menampung pasien sekitar 14 orang. Termasuk untuk intensif terhadap tenaga kesehatan. Jadi anggarannya ditambah menjadi Rp 12 miliar,” sebutnya, Minggu (29/3).

Ia menambahkan, sekarang berkembang lagi kebijakan dimana daerah diminta memberikan bantuan terkait dampak ekonomi. Tentu jumlahnya bertambah lagi.

“Untuk bantuan beras saja, dalam sebulan dibutuhkan dana Rp 14 miliar,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk anggaran penanganan Covid – 19, Pemerintah Daerah Agam telah melakukan relokasi anggaran. Dana SPPD, anggaran untuk festival serta uang jalan pegawai di pangkas.

“Begitu juga pembangunan yang berasal dari DAK dan APBD, yang belum tanda tangan kontrak, diarahkankan untuk penanganan Covid – 19,” jelasnya.

“Masalah dana, tidak ada alasan tidak ada. Kita sudah melakukan relokasi anggaran,” tambahnya.(rom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.