15/06/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Paparkan Perkembangan Sekolah, Komite SMAN 3 Padangpanjang Kumpulkan Orangtua Murid

Paparkan Perkembangan Sekolah, Komite SMAN 3 Padangpanjang Kumpulkan Orangtua Murid

Suasana pertemuan orangtua murid dengan Kepala Sekolah dan Pengurus Komite SMAN 3 Padangpanjang

Padangpanjang, rakyatsumbar.id—-Komite SMAN 3 Padangpanjang mengumpulkan ratusan orangtua murid, menyepakati penerapan sumbangan komite sebagai bagian pengembangan sekolah, diluar anggaran Dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) di sekolah setempat, Sabtu (16/09/2023).

Kepala SMAN 3 Padangpanjang Devi Hariyanti,S.Pd,M.Pd ketika pembukaan kegiatan menyampaikan, sebagai sekolah yang telah berkembang dan menapak prestasi ditingkat Sumbar, tentunya butuh dukungan dalam berbagai aspek, termasuk pembiyaan.

“Kalua mengandalkan dana BOS, yang hanya dijatah Rp1,5 juta persiswa pertahun, tentunya tidak akan bisa membiayai seluruh kegiatan yang dilaksanakan di sekolah,” sebut Devi.

Dengan adanya Komite Sekolah, lanjut Devi, sebagai perpanjangan tangan orangtua di sekolah. Tentunya, memberikan ruang untuk ikut menyukseskan beragam kegiatan, yang selama ini tidak bisa diakomodir melalui dana BOS.

“Alhamdulilah, 217 siswa kita dari 240 siswa lulusan SMAN 3 Padangpanjang tahun 2023 diterima sejumlah perguruan tinggi favorit. Tentunya ini menjadi lonjakan yang luar biasa bagi SMAN 3 Padangpanjang yang berdiri sejak tahun 2005 lalu,” jelas Devi Hariyanti.

Devi juga menyebutkan, sejak adanya Komite Sekolah tahun 2018 lalu, cukup banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan dengan adanya sumbangan dari orangtua murid yang dikelola Komite Sekolah.

“Selain untuk gaji guru honorer, sumbangan komite ini juga kita pergunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana sekolah, kegiatan ekstrakuliner siswa, termasuk juga untuk kegiatan Bimbel bagi kelas XII, bekal mereka masuk perguruan tinggi yang diinginkan,” urainya.

Devi juga berharap kepada komite sekolah, sebagai perpanjangan tangan orangtua murid. Agar tidak memaksakan jumlah sumbangan, semuanya diserahkan kesepatan komite sekolah dengan orangtua murid,” harapnya.

Butuhkan Anggaran Rp1 Miliar

Sementara itu, Ketua Komite SMAN 3 Padangpanjang Ferry Herdianto, S. Sn M.Kn dalam kesempatan itu menyampaikan,  pertemuan tersebut guna menyepakati rancangan anggaran biaya Komite SMAN 3 Padangpanjang Tahun Ajaran 2023-2024.

“Dari RAB yang kita susun, tahun ini kita membutuhkan biaya sekitar Rp1 miliar. Dana itu berasal dari sumbangan orangtua murid dan donatur yang tidak mengikat yang akan kita pergunakan untuk menunjang program pendidikan di sekolah kita ini,” sebut Ferry Herdianto.

Pria yang akrab disapa Tito itu, juga memaparkan tentang penerapan sumbangan dari orangtua siswa kelas X, XI dan XII yang telah disepakati tahun sebelumnya dan penggunaan sumbangan yang telah terkumpul.

Dalam kesempatan itu, juga dihadiri seluruh pengurus Komite SMAN 3 Padangpanjang, ratusan orangtua murid dan perwakilan guru itu, juga dilakukan dialog dengan perwakilan orangtua murid. (ned)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.