14/08/2022
Beranda » New Normal = Dunia Tidak Seperti Dulu Lagi

New Normal = Dunia Tidak Seperti Dulu Lagi

Oleh: Jasman Rizal

PSBB bisa jadi persiapan untuk new normal. Membiasakan diri dengan adanya covid-19 di sekitar kita. Suka atau tak suka, kita akan selalu berdampingan dan akan hidup bersama dengan Covid-19 seumur hidup. Sama halnya dengan virus HIV, virus flu dan virus-virus yang tetap ada disekeliling kita.

Kebiasaan dalam PSBB seperti physical distancing, pakai masker, sering cuci tangan, hindari kontak jarak dekat, makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, berjemur matahari dan lain-lain, adalah salah satu upaya untuk berperilaku sadar bahwa covid-19 ada di sekeliling kita. Artinya PSBB adalah persiapan kita untuk melakukan New Normal.

Sahabat….

Dunia tidak seperti dulu lagi dan kita harus segera menyesuaikan diri dengan realita yang ada. Insyaf, bahwa Covid-19 ada dan akan selalu ada seperti virus2 yang lain disekeliling kita. Itu hal yang pasti, bahwa Covid-19 tidak akan punah dan akan selalu ada sampai akhir zaman. Kita hanya berupaya memutus mata rantai penyebarannya, namun tidak akan pernah memusnahkannya.

Akan banyak penyesuaian tata kelola dalam kehidupan kita. Pola belajar mengajar di sekolah, pola pelayanan masyarakat, pola interaksi sesama kita, pola perdagangan, pola industri, pola berkebudayaan, pola berwisata, pola pacaran, pola pijit di spa, pola gunting rambut di salon-salon, pola berbelanja di mall-mall, pola pernikahan, pola nonton di bioskop, pola makan di restoran dan lain-lain. Semuanya akan merobah pola dan tatanan berkebudayaan, merobah tatanan nilai-nilai yang pernah ada. Saya menyebutnya era perubahan zaman, era revolusi kebudayaan.

Pola baru ini akan terus kita praktikkan dan lakukan sampai ditemukannya vaksin dan obat untuk Covid-19. Sampai kapankah?

Wallahu’alam. Memang, dunia tidak seperti dulu lagi… Padang, 26 Mei 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.