22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Mahasiswa KKN Tematik Unand Sosialisasikan Edible Coating

Mahasiswa KKN Tematik Unand Sosialisasikan Edible Coating

Kegiatan KKN Tematik mahasiswa Unand di Nagari Kotobaru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanahdatar

Batusangkar, rakyatsumbar.id–Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Andalas mensosialisasikan aplikasi Edible Coating untuk produk hasil pertanian, di Aula Kantor Walinagari Kotobaru Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar.

Sosialisasi dilakukan di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Yulmira Yanti S.Si MP.

Edible Coating merupakan salah satu metode memperpanjang umur simpan buah dan sayur dengan memberikan lapisan yang dapat mengurangi respirasi pada buah dan sayur. Sosialisasi dilakukan dengan harapan lebih majunya penanganan pascapanen produk hasil pertanian para petani Nagari Kotobaru.

Menurut Dr. Yulmira Yanti S.Si MP, aplikasi Edible Coating dapat memperpanjang umur simpan buah dan sayur yang dilakukan oleh mahasiswa teknologi pangan dan hasil pertanian, Annisa Muthia Alvi.

Tentu saja aplikasi tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat, “Edible Coating ini merupakan pengetahuan baru bagi masyarakat kami, diharapkan setelah kegiatan ini produk hasil pertanian petani di Koto Baru lebih berkualitas dan memiliki umur simpan yang lama” ujar Eva, Sekretaris Nagari Kotobaru.

Katanya, kegiatan ini memberikan pengetahuan baru dalam penanganan pascapanen produk hasil pertanian masyarakat setempat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.