02/03/2024
Beranda » Kenali Bung Hatta Melalui Goresan Warna, Disdikbud Gelar Lomba Menggambar Tingkat TK

Kenali Bung Hatta Melalui Goresan Warna, Disdikbud Gelar Lomba Menggambar Tingkat TK

Kenali Bung Hatta melalui goresan warna, Disdikbud Bukittinggi menggelar lomba menggambar tingkat TK.


Bukittinggi, rakyatsumbar.id -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi melalui Bidang Kebudayaan menggelar Lomba Menggambar tingkat TK se-Bukittinggi di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, 3-5 Oktober 2023. Lomba diikuti murid TK dari tiga kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Herriman didampingi Kabid Kebudayaan Heru TrI Astanawa mengatakan lomba ini bertujuan untuk mengenalkan Tokoh Proklamator Bung Hatta kepada anak usia dini.

“Mereka dapat mengenal ketokohan dan jejak sejarah Bung Hatta melalui menggambar. Mereka menggambar tentang semua yang terkait Bung Hatta sesuai imajinasinya. Lomba dilaksanakan tiga hari dan dibagi per kecamatan,”ujar Herriman diamini Heru kepada Rakyat Sumbar, kemaren.

Sementara itu, Heru Tri Astanawa menambahkan Disdikbud ingin mengenalkan sosok Bung Hatta sesuai tingkat umurnya. Khusus murid TK diwujudkan melalui lomba Menggambar ini. Melalui imajinasinya, mereka dapat mengenang Sang Proklamator dengan goresan-goresan warna.

“Mereka bebas berkreasi sendiri tentang Bung Hatta.Semoga para peserta dapat mengetahui dan meneladani sosok Bung Hatta itu sendiri. Lomba ini juga diadakan dalam rangka Hari Museum Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Riyan Patrio dari Komunitas Ladang Rupa Bukittinggi mengapresiasi kegiatan lomba Menggambar tingkat TK ini. Lomba ini sangat penting karena anak-anak bisa mengetahui sejarah pahlawan.

“Mereka juga bisa mengenal tokoh-tokoh sejarah khususnya Bung Hatta. Rasa bangga terhadap pahlawan dan tokoh-tokoh sejarah bisa diajarkan sejak dini. Semoga , tokoh-tokoh sejarah itu bisa menjadi panutan bagi anak-anak.

Dengan gambar, mereka bisa berimajinasi. Mereka bisa diskusi dan belajar dengan gurunya tentang Bung Hatta,”pungkas Riyan.

Para murid TK sangat antusias saat menggambar. Mereka dibimbing dan diarahkan guru pendamping. Selain itu, diantara peserta memiliki jiwa artistik sendiri. Hal itu mendapat sambutan positif dari dewan juri. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.