04/12/2022
Beranda » Kapolda Sumbar Pimpin Penyemprotan Disinpektan

Kapolda Sumbar Pimpin Penyemprotan Disinpektan

Polisi Berbuat Kemaslahatan Umat 

Padang, Rakyat Sumbar — Polda Sumbar kembali menyemprotkan puluhan ribu liter cairan disinpektan di jalan utama Kota Padang, Selasa (31/3) siang. Menariknya, penyemprotan kali ini dipimpin oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto.

“Walaupun angka ODP, PDP dan Suspect Corona terus meningkat setiap waktu, jangan pernah lelah, kita berbuat kemaslahatan untuk umat /masyarakat melalui tugas-tugas kepolisian kita,” kata Toni.

Ia menyampaikan, tujuan penyemprotan disinfektan tersebut adalah untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona (Covid – 19).

“Terima kasih kepada semua personel Polri yang terus berjibaku di lapangan, bahkan tanpa ada perlindungan (APD) sama sekali dari sebaran virus Corona,” ujar Toni.

Foto: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Wakapolda Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto, berdialog diatas mobil AWC Ditsamapta Polda Sumbar ketika memimpin penyemprotan puluhan ribu liter disinpektan di jalan-jalan Kota Padang. (HUMASPOLDASUMBAR)


Pantauan Rakyat Sumbar di lapangan sekira pukul 09.00, personel gabungan berjumlah sekitar 210 orang, dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, Wakapolda Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto, serta para Pejabat Utama (PJU), seperti Dirsamapta Kombes Pol Tafiano Eko Atmojo, Karo Ops Kombes Pol Firly RS, Kabid Humas Kombes Pol Satake Bayu, dan Dirlantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro.

Enam mobil berisi cairan disipektan masing-masing dua mobil Armoured Water Cannon (AWC) Ditsamapta Polda Sumbar, dua mobil AWC Satbrimob Polda Sumbar, serta dua armada Pemadam Kebarkan Kota Padang, menyemprotkan cairan tersebut di sejumlah jalan di Kota Padang.

Usai Kapolda memimpin apel, tim gabungan langsung bergerak meninggalkan Mapolda Sumbar, dengan dibagi menjadi dua rute.

Rute pertama, dari Mapolda menuju Sawahan, Simpang Haru, Andaleh, ke Simpang 4 By Pass Kampus Unand, lalu ke Simpang 4 Lubukbegalung, Pasar Banda Buek, Pauh.

Rute kedua dari Mapolda bergerak ke jalan Rasuna Said, menuju kawasan Padang Baru atau di belakang Telkom, lalu ke jalan KH. Ahmad Dahlan, menuju Raden Saleh, Juanda, Veteran, Pemuda, Lubukbuaya, serta jalur-jalur lainnya.

Foto: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto (kanan), berdialog dengan Wakapolda Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto (tengah) usai memimpin apel sebelum  memimpin penyemprotan disinpektan di jalan-jalan Kota Padang. (HUMASPOLDASUMBAR).


Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar mengatakan, sebanyak 47 ribu liter disinpektan disemprotkan di jalan raya, sebelumnya juga dilakukan penyemprotan 56 ribu  liter disinpektan. Totalnya, khusus di Polda Sumbar menggunakan AWC dan armada Damkar, sebanyak 103 ribu liter disinpektan.

“Penyemprotan disinpektan ini dipimpin langsung Pak Kapolda, Pak Wakapolda, beserta para PJU. Ada 47 ribu liter cairan disinfektan yang disemprot ke sejumlah jalur di Kota Padang. Selain di Polda Sumbar, juga dilaksanakan di Polda-polda lainnya,” ungkap Satake Bayu.

Ia menjelaskan, penyemprotan secara massal ini sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz yang memerintahkan para Kasatker atau Kasatwil di jajaran Polri untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan secara serentak dan masif.

“Perintah tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1008/III/KES.7./2020 tertanggal 27 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono mewakili Kapolri,” bebernya.

Foto: Dirsamapta Polda Sumbar Kombes Pol Tafianto Eko Atmojo, dan Karo Ops Kombes Pol Firly RS, berfoto didekat mobil AWC usai penyemprotan disinpektan di jalan-jalan Kota Padang. (HANDIYANUAR/RAKYATSUMBAR).



Ia menyampaikan, surat telegram ini terbit dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat sehingga diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Polda Sumbar juga melakukan penyemprotan di lokasi yang kerap dikunjungi masyarakat seperti kawasan Pasar Raya, Rumah Sakit Bhayangkara, Asrama Polisi, masjid, Kawasan Pondok,” ulas Satake. (byr)


Foto utama: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, dan Wakapolda Brigjen Rudy Sumardiyanto, berada diatas mobil AWC Ditsamapta Polda Sumbar, saat memimpin penyemprotan disinpektan di jalan Rasuna Said, Kota Padang, Selasa (31/3) siang. (HUMASPOLDASUMBAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.