02/12/2022
Beranda » Kapolda Sumbar Cek Pospam Covid-19, Didampingi Dirlantas

Kapolda Sumbar Cek Pospam Covid-19, Didampingi Dirlantas

Padang, Rakyat Sumbar — Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, mengecek sejumlah pos pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat Singgalang 2020 di Kota Padang. Pada tahun ini operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Ketupat Covid-19.

“Kita melakukan pengecekan petugas yang bertugas di Pospam Ladang Padi, Danau Cimpago, dan di Transmart,” kata Kapolda, didampingi Dirlantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro, Minggu (26/4) siang.

Ia melanjutkan, selain pengecekan di sejumlah Pospam tersebut, juga dilaksanakan pengecekan di Pos Percepatan Penanganan Covid-19 di perbatasan Kota Padang dan Kabupaten Solok.

“Mudah-mudahan Covid-19 ini segera berakhir. Namun, kita tetap mengimbau kepada masyarakat Sumbar supaya mematuhi anjuran pemerintag, apalagi Sumbar sedang menerapkan PSBB,” ujar Toni.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, Operasi Ketupat Singgalang 2020 berlangsung selama satu bulan lebih. Dimulai sejak 24 April hingga 31 Mei 2020.

“Operasi kepolisian terpusat ini dinamakan Operasi Ketupat Covid-19, selama 1 bulan 1 minggu pelaksanaannya,” ungkap Satake Bayu.

Satake menyampaikan, Operasi Ketupat Covid-19 untuk membantu

pemerintah dalam memutus dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Sebenarnya operasi ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik. Namun, situasi saat ini tidak normal, makanya operasi tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19,” beber Satake.

Ia menjelaskan, pada operasi tersebut, selain personel Polri, juga dilibatkan instansi lainnya, seperti TNI dan dari pemerintahan. Masyarakat diimbau tidak mudik.

“Pak Presiden Jokowi telah melarang mudik tahun ini, tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, masyarakat Sumbar supaya menunda mudiknya tahun ini,” ungkap Satake.

Terpisah, Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Yofie Girianto Putro, mengatakan pihaknya pada operasi kepolisian tahun ini siap melayani pengendara kendaraan bermotor dengan baik.

“Namun, diminta kepada masyarakat Sumbar untuk taat aturan PSBB yang diterapkan Pemerintah Provinsi. Pakai masker dan sarung tangan ketika berkendara, dan menunda keinginan mudik. Ini demi kebaikan semua,” tuturnya. (byr)

Foto utama: Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, didampingi Dirlantas Kombes Pol Yofie Girianto Putro, ketika meninjau pos pengamanan Transmart di jalan Khatib Sulaiman. (HUMASPOLDASUMBAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.