07/12/2022
Beranda » Cair, 665 Kepala Keluarga di Sawahlunto Terima BLT

Cair, 665 Kepala Keluarga di Sawahlunto Terima BLT

Walikota Sawahlunto, Deri Asta, didampingi Wakil Walikota H. Zohirin Sayuti, menyerahkan daftar penerima BLT kepada pejabat PT. Pos Sawahlunto. (IST)

Sawahlunto, Rakyat Sumbar– Pemerintah Kota Sawahlunto mulai mencairkan bantuan langsung tunai (BLT). Sebanyak 665 kepala keluarga di kota setempat yang terdampak virus Korona (Covid-19), akan menerima BLT dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

“Sebanyak 665 KK, tedaftar sebagai penerima BLT Pemprov Sumbar, masing-masing akan memperoleh Rp1,8 juta atau Rp600 ribu perbulan,  selama tiga bulan,  April, Mei dan Juni,” kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta,  Senin (4/5) siang.

Ia melanjutkan, bantuan ini merupakan jaringan pengaman sosial (JPS) terhadap warga yang ekonominya terdampak penyebaran virus Korona.

“Masyarakat yang akan menerima BLT tersebut sudah dilakukan pendataan, dan data-datanya diberikan kepada Pemprov Sumbar,” ungkap Deri Asta, yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto.

Masih kata Deri, selain BLT Provinsi Sumbar itu, Pemko Sawahlunto juga telah menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari Pemerintah RI kepada 5. 000 kepala keluarga.

“Masing-masing kepala keluarga mendapatkan 20 kilogram beras, ditambah dengan dana BLT Pemerintah Kota Sawahlunto sebesar Rp300 ribu,” tutur Deri.

Deri Asta berharap bantuan tersebut dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak akibat penanganan penyebaran virus Korona. Masyarakat diimbau mematuhi anjuran pemerintah selama penanganan virus Korona.

“Masyarakat juga diharapkan konsisten untuk menerapkan imbauan pemerintah agar tidak beraktifitas di luar rumah seperti berkumpul-kumpul dengan jumlah banyak, serta selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, selalu pakai masker, dan jaga jarak fisik,” sebutnya.

Menurut sumber Humas Pemko Sawahlunto, bantuan langsung tunai dari Pemko Sawahlunto itu dibayarkan melalui Bank Nagari setempat, sedangkan bantuan Provinsi Sumatera Barat dicairkan melalui Kantor Pos. Untuk menyaksikan pencairan itu, Wako Deri Asta dan Wawako Zohirin Sayuti melihat sendiri proses pembayaran BLT kepada pihak penerima terdaftar. (iyd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.