29/11/2022
Beranda » Ambil Hikmahnya

Ambil Hikmahnya

Oleh : H. Abdel Haq, S.Ag, MA
(Kakan Kemenag Kab. Dharmasraya)

Kami sekeluarga bisa berkumpul di rumah bercanda ria, sejak beberapa hari belakangan. Sekali-kali saling melempar senyum dan melakukan kegiatan secara bersama. Membersihkan rumah, pekarangan, mencuci, menyerika dan memasak bersama, sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Kami salat zuhur berjamaah pengganti salat Jum’at. Kami mematuhi imbauan pemerintah dan MUI, sehubungan mewabahnya Covid-19 ini. Kalau sebelumnya, kami terpencar. Ada di Padang dan Dharmasraya.

Inilah salah satu dampak positif dari virus Covid 19 yang sedang berjangkit saat ini. Membuat kita semua bisa berkumpul dan tetap berhati-hati, waspada dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama agar kita saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan. Jangan berkerumun, tetap husnuzan, berprasangka baik, positif thinking kepada Allah Swt dan kepada sesama manusia.

Selama di rumah, kami menikmati rasa kebersamaan yang mendalam. Masing-masing anggota beraktivitas sesuai dengan hobi dan kesenangan. Tanpa melupakan kewajiban untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, juga dengan dunsanak di luar sana. Ada yang melalui via WA, telepon.

Tugas-tugas kantor dilaksanakan dari rumah. Pada saat-saat tertentu, dalam kapasitas sebagai Kepala Kantor Kementerian Agam Kabupaten Dharmasraya, ada juga yang harus saya urus ke kantor, menyelesaikan tugas-tugas yang perlu ditandatangani dan didiskusikan dengan pejabat terkait.

Di samping itu, saya tetap stand by dan siaga terus bila ada informasi dari pimpinan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Gugus Tugas Covid 19.

Yang terpenting bagi kita dalam menyikapi kondisi dan fenomena saat ini. Tetaplah jaga kesehatan, tingkatkan stamina, perbanyak ibadah, istighfar dan zikrullah setiap saat. Pastikan sebelum berangkat keluar rumah untuk keperluan, kepentingan dan kebutuhan tugas dan keluarga dalam keadaan berwudhuk.

Semoga kita di ranah Minang khususnya dan Indonesia pada umumnya terhindar dari virus Covid 19. Harapan kita semua, menjelang Ramadhan 1441 H, Covid-19 telah hengkang dari bumi pertiwi dan kita bisa melaksanakan ibadah Ramadan yang sarat dengan keberkahan.

Sesuai dengan Sabda Rasulullah Muhammad SAW: Allaahumma baariklanaa fi Rajaba wa Syakbaana wa ballighnaa fi Ramadhaana . Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab, bulan Syakban dan pertemukan kami dengan bulan Ramadhan. Amin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.