05/12/2022
Beranda » Waspada Corona, CFD di Padang Dihentikan Sementara

Waspada Corona, CFD di Padang Dihentikan Sementara

Masyarakat Diharapkan Kurangi Kegiatan di Tempat Keramaian

Padang,  Rakyat Sumbar–Kegiatan Car Free Day (CFD) di sepanjang jalan Khatib Sulaiman dan di GOR H Agus Salim, Kota Padang dihentikan sementara mulai Minggu, (15/3). Himbauan ini disampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melihat situasi kasus Covid-19 (corona) di Indonesia yang beberapa hari belakangan mengalami peningkatan.

“Bagi dinas terkait diharapkan segera mengambil langkah. Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Sumbar saya harap menyampaikan kepada masyarakat, besok (Minggu) Car Free Day itu ditiadakan dulu untuk sementara waktu,,” sebut Wakil Gubernur Sumbar,  Nasrul Abit,  Sabtu (14/3) malam.

Hal ini disampaikan Wagub Sumbar Nasrul Abit  usai memimpin rapat antisipasi dan penanganan corona di Sumbar, di ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau. Rapat tersebut dilaksanakan bersama pihak Dinas Kesehatan Sumbar, BPBD Sumbar, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Padang, dan instansi terkait lainnya.

“Penghentian CFD mulai Minggu ini untuk sementara waktu adalah salah satu langkah yang dilakukan Pemprov Sumbar agar daerah ini tetap aman dari serangan virus corona,” jelasnya.

Wagub berharap kepada masyarakat untuk memahami himbauan ini, sebab perlu untuk menjaga-jaga diri dari segala kemungkinan terjadi penularan virus corona. Menurutnya, himbauan ini bukan untuk  menakuti, cuma berharap masyarakat untuk mengurangi aktifitas di tempat keramaian.

“Sekarang  ditiadakan dulu, kita lihat situasi nantinya. Bisa jadi disaat tidak ada lagi persoalan corona,  CFD akan kembali dilaksanakan,” terangnya.

Wagub menambahkan,  selain CFD kegiatan berkumpul juga
perlu dikurangi. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan masing-masing, jaga pola hidup sehat, selalu cuci tangan sehingga dapat terhindar dari virus corona.

“Bagaimana selanjutnya, saya akan menyampaikan kondisi ini kepada Gubernur Sumatera Barat, dan Senin kita akan rapat terkait antisipasi masuknya corona ke Sumbar,” ungkapnya.

Terkait langkah untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, Wagub menyebutkan pihaknya belum bisa memastikannya. Ini juga akan dibicarakan bersama gubernur pada Senin mendatang. Hingga saat ini proses belajar mengajar di Sumbar masih berlangsung.

“Nanti, Senin akan kita bicarakan bersama pak Gubernur mengenai libur sekolah ini. Kalau sekarang belum libur, anak-anak ujian. Kita juga akan himbau untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, itu mungkin melalui surat edaran gubernur ke kabupaten/kota,” bebernya.

Terpisah,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Bustavia menyampaikan sehubungan adanya keputusan Presiden,  surat edaran Mendagri dan surat edaran Menpora terkait bahaya suspec corona dan larangan melaksanakan olahraga masal di tempat terbuka, serta petunjuk dari Gubernur Sumbar dan Wagub Sumbar,  maka kegiatan CFD  dihentikan sementara.

“CFD di sepanjang jalan Khatib Sulaiman Padang, dan kawasan GOR H Agus Salim Padang untuk sementara dihentikan mulai  Minggu, 15 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.