04/12/2022
Beranda » Kita Kuat dan Kokoh Karenamu

Kita Kuat dan Kokoh Karenamu

Oleh : Dra. Hj. Yenni Putri, MM

Teringat masa lalu, tidak terasa sudah 54 tahun yang lalu Penulis bermain di Indarung yaitu di rumah nenek, orang tua papa namanya Nenek Sinah dengan Suku Jambak, tepatnya dibawah lori Semen Padang yang membawa semen dari bukit ke pabrik. Apabila ada lori yang lewat, kami asyik melihatnya, indah dipandang dan merdu terdengar suara lori itu. Teringat dengan cerita papa Drs.Syamsuir Tasman, saat sedang bermain-main di rumah nenek bahwa kaum papa punya tanah ulayat berupa bukit sebagai bahan baku semen dan tanah ulayat kaum papa itu disumbangkan untuk Semen Padang. Terharu penulis mencerita masa kecil di Indarung, sedih mengingat masa lalu yang sekarang nenek dan papa sudah tiada.

Sekarang zaman sudah modern. Lori yang dulu sudah berganti dengan kereta api dan mobil. Pabrik yang ada dibelakang rumah nenek sudah tidak berfungsi lagi, sekarang sudah bermunculan pabrik yang baru, ada pabrik 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Pabrik Semen Padang semakin berkembang dan sudah mendunia, yang tidak kalah bersaing dengan pabrik semen lain baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pabrik Semen Padang merupakan kebanggaan masyarakat Kota Padang karena pabrik Semen Padang itu berada di Kota Padang, dengan sumber daya alam yang berlimpah untuk memproduksi semen yang bermutu. Semen Padang merupakan aset daerah yang harus dipertahankan dan dijaga sehingga dapat memproduksi terus. Semen Padang dapat membawa nama Kota Padang dan Sumatera Barat menjadi terkenal.

Tidak terasa Semen Padang sudah berumur 110 tahun membangun negeri kita yang tercinta ini, khususnya Padang Sumatera Barat dan umumnya Indonesia. Sekarang yang paling terasa sekali Semen Padang ikut berkiprah memajukan Pendidikan, Semen Padang tidak hanya memproduksi semen saja tetapi sudah dapat bersinergi membantu sekolah-sekolah untuk lebih meningkatkan mutunya. Tidak saja dibidang pendidikan tapi juga eksis di bidang olah raga yaitu dengan adanya klub sepakbola Semen Padang FC.

PT. Semen Padang adalah suatu perusahaan yang mengolah bahan baku menjadi semen, dan mendistribusikan ke pelosok negeri sampai ke negara Lain, tentu dengan tujuan untuk mencari laba. Semen Padang dikelola secara profesional, karena selain tujuan mencari laba juga bertujuan untuk sosial, karena dapat membantu masyarakat, sekolah, pemerintah, dan organisasi-organisasi dengan dana CSR nya.

Sekolah penulis berada di kecamatan Kuranji Kota Padang, sarana prasarana sekolah sangat penting dalam menunjang proses belajar mengajar, untuk mencukupi kebutuhan sarana prasarana sekolah tidak bisa dihandalkan dari pemerintah dan orang tua saja tetapi juga ada bantuan dari beberapa perusahaan. Salah satu perusahaan itu adalah Semen Padang.

Sekolah penulis mempunyai sebuah mushalla kecil ukuran 14 x 16 mater dengan isinya 252 meter, yang sudah berumur lebih kurang 30 tahun sejak sekolah berdiri, Mushalla ini tidak sanggup menampung peserta didik sebanyak 1030 orang. Saat ini sekolah penulis sedang mengadakan rehab Mushalla tersebut, tentu dalam rehab Mushalla membutuhkan semen, dan disini Semen Padang berkiprah membantu mushalla kami yaitu semen sebanyak 80 karung. Dan sekarang Mushalla itu sudah dinikmati oleh semua warga sekolah sehingga dapat meningkatkan kompetensi religius peserta didik.

Sesuai dengan kenyataannya, selain dari sekolah penulis dapat bantuan, sekolah-sekolah lain juga dapat bantuan ada berupa semen dan sarana prasarana lainnya seperti pembangunan gedung, rehab gedung, tempat sampah, tempat duduk yang indah, bantuan ini sudah dapat dinikmati oleh banyak sekolah, warga Kota Padang, maupun penduduk setempat. Sangat terasa sekali manfaat adanya Semen Padang, sesuai dengan judul artikel ini yaitu “Kita Kuat dan Kokoh Karenamu”.

Menurut kamus hesar bahasa Indonesia kita artinya yang berbicara bersama orang lain termasuk yang diajak bicara, dengan kata lain penulis dan orang lain. Kuat adalah mampu, dengan kata lain adalah kita mampu melengkapi sarana prsarana, sedangkan kokoh adalah bentuk tidak baku dari kukuh, sehingga arti kukuh adalah tidak mudah roboh atau rusak/ berdiri tegak. Arti kata karenamu adalah karena merupakan kata sambung dari Mu, jadi Karenamu adalah Semen Padang. Berdasarkan Uraian diatas maka arti “Kita Kuat dan Kokoh Karenamu” adalah “Kita Mampu melengkapi sarana prasarana dan Berdiri Tegak Karena Semen Padang”.

Sesuai dengan tema lomba menulis artikel ini yaitu “110 Tahun Semen Padang Membangun Negeri”. Maka Kita yang bergelut di bidang pendidikan mengucapkan terimakasih banyak kepada Semen Padang, yang telah banyak membantu sekolah-sekolah untuk melengkapi sarana prasarana sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar disekolah berjalan dengan lancar dan bermutu sehingga melahirkan peserta didik yang berkarakter.

Kita mendoakan di umur yang ke 110 ini Semen Padang lebih maju dan mampu bersaing dengan perusahaan semen lainnya di zaman milenial ini, dan terus mampu membangun negeri kita, Padang Kota Tercinta, Ku Jaga dan Ku Bela. (*)

1 thought on “Kita Kuat dan Kokoh Karenamu

  1. Ibu Kepsek, yg sangat inspiratif
    benar sekali bahwa kuat dan kokoh harus peran serta kita semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.