05/03/2024
Beranda » UNP Luncurkan Aplikasi Nagari Informatif

UNP Luncurkan Aplikasi Nagari Informatif

Rektor UNP Prof. Ganefri dan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo berserta rombongan UNP, foto bersama setelah peluncuran aplikasi nagari informatif.


Padang, rakyatsumbar.id– Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri, mengatakan, Keterbukaan Informasi Publik  (KIP) merupakan suatu keharusan bagi badan publik seperti yang diamanatkan Undang-Undang (UU) nomor 14 tahun 2008.

“Oleh karena itu, UNP sudah sejak lama mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi salah satunya dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),” kata Ganefri.

Ia melanjutkan, lantaran ingin memberi manfaat kepada yang lain, pihaknya mencoba melakukan melalui pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

“Kami membiayai nagari yang benar-benar memahami mengenai keterbukaan informasi publik,” ungkap Ganefri.

Ganefri berharap, dengan adanya aplikasi ini, Nagari VII Koto Talago dapat mengimplementasikan keterbukaan informasi sesuai yang diamanatkan UU No. 14 Tahun 2008

Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar Arif Yumardi, mengapresiasi UNP atas peluncuran aplikasi nagari informatif serta sudah berupaya keras dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi.

“Kita berharap, dengan di luncurkannya aplikasi nagari informatif yang diluncurkan oleh UNP ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui perkembangan nagari dari aplikasi yang di bangun oleh UNP,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan peluncuran aplikasi nagari informatif yang dilakukan UNP di Kantor Wali Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (12/9).

Menurutnya, keterbukaan informasi publik pada saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting, tidak sekadar memberikan informasi kepada masyarakat, melainkan berkaitan erat dalam hal pertanggungjawaban kinerja.

“Keterbukaan informasi publik juga diperlukan dalam penguatan implementasi pelayanan publik. Dengan hadirnya aplikasi nagari informatif yang diluncurkan oleh UNP ini, diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi tentang nagari dari aplikasi ini,” tambahnya. (ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.