01/03/2024
Beranda » UNP Klaim Kampus Peduli Disabilitas

UNP Klaim Kampus Peduli Disabilitas

Civitas academica UNP foto bersama dengan narasumber.


Padang, rakyatsumbar.id – Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Padang (UNP), Refnaldi, membuka kuliah umum,  di Auditorium kampus itu, Selasa, (19/9).

Kuliah umum bertemakan UNP  menuju pendidikan inklusif dalam mewujudkan world class university menyangkut tentang mahasiswa disabilitas.

“Kehadiran narasumber Ketua Komisi Nasional Disabilitas Dante Rigmalia, serta Kepala Pusat Layanan Disabilitas, Marlina,

bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif tentang disabilitas,” kata Refnaldi.

Refnaldi melanjutkan, saat ini UNP terus berusaha melengkapi segala kelengkapan, agar UNP bisa menjadi universitas kelas dunia, termasuk menjadi kampus yang peduli terhadap disabilitas.

“Kita pada saat ini berupaya untuk melengkapi segala prasarana penunjang agar UNP menjadi salah satu universitas kelas dunia, apalagi pada saat ini jumlah mahasiswa disabilitas yang berkuliah di UNP tiap tahun terus meningkat yang berkuliah di pendidikan khusus,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pelaksana Tugas Strategis (LP3S) UNP, Jamaris, menjelaskan, kuliah umum UNP menuju pendidikan inklusif dalam mewujudkan world class university.

“Kegiatan ini dilatar belakangi oleh kepedulian UNP terhadap mahasiswa disabilitas, dan UNP menyediakan semua fasilitas pendidikan untuk mahasiswanya termasuk mahasiswa penyandang disabilitas,” ucap Jamaris.

Jamaris menambahkan, kerja sama kuliah umum ini terlaksana berkat kerjasama UNP dengan komisi disabilitas. “Dalam kegiatan ini, kita akan di suguhi penampilan seni dari para penyandang disabilitas,” ucap Jamaris.

Oleh karena itu, sambung Jamaris, UNP memberikan kesempatan kepada mahasiswa disabilitas dalam berkreasi. UNP menyediakan kuota tersendiri bagi para mahasiswa disabilitas yang ingin berkuliah di UNP.

“UNP akan menyiapkan diri sebagai universitas ramah disabilitas. Kita akan meyiapkan semua kebutuhan bagi para mahasiswa disabilitas,” papar Jamaris.

“Kita sudah berkoordinasi dengan para dekan untuk menyiapkan semua fasilitas bagi mahasiswa disabilitas seperti, mahasiswa pendamping, lokasi parkir, toilet dan kebutuhan disabilitas lainnya,” pungkasnya. (edg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.