14/08/2022
Beranda » Sumbar Bertambah 40 Positif, Cluster Perantau Terbanyak

Sumbar Bertambah 40 Positif, Cluster Perantau Terbanyak

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai melaksanakan Salat Idul Adha di halaman kantor Gubernur Sumbar dengan mengikuti penerapan protokol kesehatan, Jumat (31/7/2020)

Rekor Tertinggi Tambahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

Padang, rakyatsumbar.id-Mengejutkan, perkembangan kasus positif Covid-19 di Sumbar yang telah melandai, Jumat (31/7/2020) bertepatan dengan Idul Adha 1441 H  melonjak. Tambahan 40 orang yang dinyatakan positif Covid-19, tambahan dari Kota Padang masih yang terbanyak.

Gubernur Irwan Prayitno mengatakan juga mengatakan tambahan 40 orang pasien positif Covid-19 ini menjadi terbanyak selama sejarah sejak pertama kasus Covid-19 di Sumbar pada tanggal 26 Maret.

“Dari 40 tersebut memang sebagian besar dari perantau ada yang dari Kalimantan, Jakarta ada juga dari Provinsi tetangga,” sebut Gubernur di Padang usai Salat Idul Adha di kantor Gubernur Sumbar.

Ia mengatakan, meskipun demikian karena tetap dilakukan tracing yang maksimal, sehingga masih bisa untuk tetap mengendalikan. Menurutnya, yang paling penting adalah dilakukan testing, dan tracing. Sebab penambahan tidak bisa dipungkiri namun diharapkan bisa dikendalikan.

“Mudah-mudahan kita bisa mengendalikan walaupun positif banyak. Ini bukti mengendalikannya adalah testing dibuat masif, tracing sehingga mereka tercover dengan tracing, insyaallah terisolasi dalam satu-dua Minggu terputus rantainya,” harapnya.

Ia mengungkapkan saat ini obat ataupun anti virus Covid-19 masih belum ada. Sehingga langkah mencegah agar tak terpapar adalah mengikuti protokol kesehatan.

“Sementara kita sekarang sudah bisa berpergian dari rumah, ke tempat kerja dan ke tempat lainnya. Jika tidak dapat dilakukan upaya pencegahan, maka kemungkinan akan terpapar Covid-19” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar Jasman Rizal menyampaikan tambahan 40 orang yang terkonfirmasi positif ini merupakan laporan sementara hasil pemeriksaan sample spesimen Covid-19 di Sumbar.

Pada Kamis 30 Juli 2020 hingga Jumat dini hari pukul 03.00 WIB, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha10 Zulhijjah 1441 H, sebanyak 1.541 sampel  yang dilakukan pemeriksaan di laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan di Laboratorium Veteriner Baso Agam.

“Hasil pemeriksaan Laboratorium melaporkan terkonfirmasi 40 orang positif terinfeksi covid-19. Ini merupakan rekor tertinggi konfirmasi positif yang pernah terjadi terhadap hasil pemeriksaan sample spesimen PCR di Sumbar,”  terangnya.

Pertambahan 40 orang positif Covid-19 tersebut 25 orang berasal dari Kota Padang, 6 dari Kota Sawahlunto, 3 dari Kota Solok, 3 dari Kabupaten Solok,  2 dari Agam,  dan 1 dari Pesisir Selatan.

“Untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan data lebih lanjut, nanti akan kami perbaiki dan umumkan di website resmi pemprov Sumbar, yaitu di  https://www.sumbarprov.go.id/,” pungkasnya. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.