Sosok Pendiri Masjid Al-Hakim H. Arnes Azwar. Makin Sukses, Makin Rendah Hati

1700
Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi Dr. Aqua Dwipayana bersama pendiri Masjid Al-Hakim Padang Arnes Azwar dan Firdaus Abie

Seusai mengikuti Dr Aqua Dwipayana, motivator dan pakar komunikasi, memberikan motivasi kepada karyawan Masjid AL-Hakim, di Jalan Samudera – Pantai Padang, saya diajak H Arnes Azwar, ke ruangannya, di lantai bawah, Masjid Al-Hakim. Ketika itu juga ada sang motivator dan Jimmy Noveldi, anak angkat beliau.

“Masih ada beberapa menit lagi,” kata H Arnes, membuka pembicaraan, sembari menyalakan AC di ruangan tersebut.

Kendati beliau tidak menjelaskan detail, namun saya menangkap, waktu yang beliau maksud adalah jadwal Salat Jumat.

Di ruangan itu, kami istirahat sejenak, setelah sebelumnya mengikuti sharing motivasi yang diberikan Mas Aqua —demikian saya biasa menyapa Dr Aqua Dwipayana— kepada karyawan Masjid Al-Hakim. Masjid yang dibangun H Arnes Azwar.

Masjid Al-Hakim, berada di kawasan Pantai Padang. Dulunya, di kawasan tersebut berdiri pusat kuliner dan tempat permainan anak-anak. Tak jauh dari lokasi itu, juga ada kawasan yang disalahgunakan muda-mudi untuk pacaran dan warung kelambu.

Kini, ketiga kawasan itu terkoneksi menjadi satu kesatuan. Berdiri megah sebuah masjid yang belakangan menjadi icon wisata religi di Sumatera Barat. Pengelolaan masjid dipercayakannya H Arnes Azwar kepada 20 orang anak muda pilihannya, memiliki kemampuan dalam pemeliharaan dan perawatan masjid. Termasuk imam dan khatib tetap, hafal 30 jus Al-Qur’an. Muazinnya, hafal 10 jus Alqur’an.

H Arnes Azwar, pengusaha tekstil tersebut, mulanya lebih banyak tersenyum setiap saya tanya kiat suksesnya. Termasuk perihal perjalanannya hingga mendirikan Masjid Al-Hakim, “saya belum apa-apa, jangan sekarang ya…” pintanya.

“Begitulah, beliau. Sangat rendah hati,” kata Mas Aqua.

“Saya belum apa-apa, Pak Aqua,” katanya.

“Tapi, setidaknya, kehadiran masjid ini sudah menginspirasi dan membangunkan banyak orang, Pak Haji,” kata saya.

“Saya hanya lakukan apa yang bisa saya lakukan karena saya tak punya apa-apa. Semuanya milik Allah yang dititipkan kepada saya,” katanya.

Haji Arnes Azwar memiliki usaha tekstil. Namanya, Toko Indonesia Exclusive Textile. Tokonya ada di Padang dan Pekanbaru. Ia bersama keluarganya langsung memimpin operasional toko tersebut. Ayah tiga anak ini sangat santun kepada orang tuanya.

“Kalau di Padang, saya menetap dan menumpang di rumah orang tua,” katanya.

Aqua Dwipayana bercerita, setelah dirinya memberikan motivasi kepada karyawan H Arnes Azwar di Pekanbaru, Rabu (15/9) malam, dirinya menuju Padang bersama H Arnes Azwar bersama keluarganya. Ketika itu, ada isteri H Arnes dan ketiga anaknya.

Selama perjalanan, kata Aqua Dwipayana, mereka diskusi panjang lebar. Saling berbagi informasi dan pengalaman. Termasuk isteri dan ketiga anak H Arnes.

“Mereka keluarga yang rendah hati, mudah bergaul dan sangat peduli pada lingkungannya,” kata Aqua Dwipayana, ketika H Arnes minta izin untuk berwudhuk.

Selesai H Arnes berwudhuk, menyusul Mas Aqua, penulis dan Jimmy. Setelah itu kami melangkah ke dalam masjid untuk Salat Jumat. (firdaus abie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here