29/11/2022
Beranda » Ribuan Paket Sembako Gratis dan APD Dibagikan

Ribuan Paket Sembako Gratis dan APD Dibagikan

Baguna Sumbar PDI Perjuangan Peduli saat membagikan masker, makanan penambah energi kepada petugas di posko perbatasan Sumbar.

Aksi Nyata Baguna PDI Perjuangan

Padang, Rakyat Sumbar—Ribuan paket sembako termasuk alat pelindung diri (APD) berhasil disalurkan tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Sumbar PDI Perjuangan, ke sejumlah daerah.

Pendistribusian bantuan menyasar masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan posko-posko kesehatan di sejumlah titik. Hal itu dikatakan Koordinator Baguna Sumbar PDI Perjuangan Peduli, Yenni S, Tanjung didampingi relawan Baguna Sumbar, Desyontori (Tenok), Jumat (10/4/2020).

Yenni menjelaskan, tim Baguna Sumbar PDI Perjuangan telah bergerak sejak 20 Maret dan masih tetap berlangsung hingga kemarin. Tidak hanya pembagian masker gratis, paket sembako termasuk multivitamin serta makanan energi. Pihaknya juga melakukan penyemprotan desinfektan di setiap rumah warga.

“Sudah ribuan kita bagikan secara cuma-cuma ke warga dan tim kesehatan penanganan Covid-19,” katanya.

Baguna Sumbar PDI Perjuangan Peduli saat membagikan masker, makanan penambah energi kepada petugas di posko perbatasan Sumbar.

Masing-masing paket dan masker didistribusikan dalam sehari mencapai 800 paket di sejumlah titik lokasi berdasarkan hasil assessment internal. “Kemarin kami sudah ke titik penanganan posko di kawasan BIM, kemudian di Lubuk Paraku (perbatasan Padang dan Solok) dan har ini di kawasan Bungus Teluk Kabung. Bahkan para pengemudi ojek daring dan konvensional juga kita bagikan,” kata Yenni.

Yenni menuturkan, tidak hanya Baguna Sumbar yang melakukan hal ini, mulai dari pusat dan daerah-daerah lain turut melakukannya. Kalau pusat sentra pembagian di depan kantor markas di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Pembagian masker gratis tersebut dipimpin oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Penanggulangan Bencana Ribkha Tjiptaning dan kepala Baguna Pusat PDI Perjuangan Max Ruland Boseke.

Kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi wabah Covid-19 akan terus dilakukan, kata Yenni. Menurutnya, memutus mata rantai virus korona harus bersama-sama. Pada masyarakat terdampak dan para pekerja harian Baguna Sumbar PDI Perjuangan turut diberi edukasi, betapa pentingnya dan sesering mungkin mencuci tangan, mandi dengan sabun mengandung antiseptik. Merawat lingkungan agar tidak kumuh, membuang sampah pada tempatnya.

“Kami juga mengimbau kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan dan termasuk kesehatan diri, dengan mengikuti imbauan pemerintah, sehingga tidak terpapar virus dan virus diharapkan dapat lenyap selama-lamanya,” katanya.

Baguna Sumbar PDI Perjuangan berharap, bencana ini segera berlalu dan masyarakat bisa bekerja dengan normal lagi. Karena pasti banyak pihak lain yang juga dirugikan dengan virus ini.

“Kita pun secara rasional tidak ingin ada warga kelaparan, maka dari itu kita pun membagikan makanan dan minuman dan penambah energi kepada mereka, dan semoga roda kehidupan berjalan normal kembali tanpa virus,” tutup Yenni. (hrf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.