05/03/2024
Beranda » Resmi Hadir di Padang, LLDIKTI Wilayah X Yakin UISB Makin Maju dan Berkembang

Resmi Hadir di Padang, LLDIKTI Wilayah X Yakin UISB Makin Maju dan Berkembang

Padang, rakyatsumbar.id–Kampus Universitas Islam Sumatera Barat (UISB) telah hadir di Kota Padang. Hal ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma kepada Rektor UISB Prof Dr Eka Putra Wirman, Lc. MA, Rabu (24/1).

“Kami punya harapan yang luar besar kepada Rektor UISB dan jajaran untuk membawa perguruan tinggi ini makin maju dan berkembang,” sebut Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma ditemui di ruang kerjasnya usai kegiatan penyerahan SK yang dilaksanakan di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Utama LLDIKTI Wilayah X, Rabu (24/1).

Ia menyebutkan, apalagi dengan keberadaanya kampusnya saat ini telah berada di Kota Padang, diharapkan dapat membawa perubahan mutu dan kualitas UISB ke arah yang lebih baik.

“Dengan kehadirannya di Kota Padang makin mengembangkan sayapnya, termasuk dalam menerima mahasiswa baru dan menghasilkan lulusan sesuai dengan karateristik program studi yang ada,” jelasnya.

Rektor UISB Prof Dr Eka Putra Wirman, Lc. MA, mengatakan sebagai universitas ia mengharapkan perguruan tinggi tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi berlaku. Apalagi dengan hadirnya di Kota Padang tentunya ke depan UISB dapat maju dan berkembang, termasuk dengan pengembangan program studi sesuai dengan perkembangan zaman.

“Saat ini UISB memiliki tiga lokasi kampus, gedung Rektorat berada di Km.22, Kampus A di Km.16, dan Kampus B di Km.23, Bypass Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang,” jelasnya didampingi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (Biro AU-AK) Riswandi, M.Si.

Ia menyampaikan, peresmian kampus UISB di Kota Padang tersebut akan dilaksanakan tanggal 20 Februari mendatang, dan akan diresmikan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek dan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

“Pada kegiatan penyerahan SK ini kita juga mengundang para pimpinan perguruan tinggi yang berada di bawah LLDIKTI Wilayah X untuk bisa hadir pada kegiatan peresmian kampus UISB nanti,” jelasnya.

Ia menyampaikan UISB saat ini menyelenggarakan 5 program studi yaitu: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat dan Psikologi. Memiliki dua lembaga yakni Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan (LP2M). Sedangkan pangkalan data dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PutikPadat).

“Kita bersyukur minat masuk UISB cukup tinggi, apalagi dengan sekarang telah berada di Kota Padang, tentunya bisa berdampak terhadap penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 ini,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, UISB dikelola oleh dosen-dosen muda energik dan gila kerja. Mereka berasal dari universitas ternama seperti ITB, UGM, UI, Unand, UNP dan UIN Padang. Dosen yang dimiliki UISB adalah mereka yang berorientasi ke depan, dan juga terdapat dosen yang berpengalaman untuk mendukung bersama-sama mengembangan UISB.

Dengan seluruh tenaga pengajar, fasilitas tenaga pendidikan dibenahi dan ditingkatkan komptetensinya, kita yakin tageline UISB, Towards The International Business Digital University (Menuju Universitas Internasional Berbasis Bisnis Digital) dapat diwujudkan,” ungkap mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol tersebut.

“Berbekal sivitas akademika yang fresh, inovatif dan futuristik ini, UISB bertekad mempersembahkan layanan pendidikan yang bermutu dan berkelas kepada masyarakat Indonesia dan dunia,” jelasnya lagi.

Dipimpin Rektor Jebolan Al-Azhar Mesir

UISB menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan dunia kerja di bawah koordinasi Miko Kamal, Ph.D Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Jebolan Monash University Australia ini memiliki jaringan internasional yang kuat dan akan melakukan kerjasama internasional yang saling menguntungkan.

UISB dinahkodai oleh Prof Dr Eka Putra Wirman, Lc. MA sebagai Rektor. Jebolan universitas Al-Azhar Mesir dan universitas Qarawiyin Maroko ini adalah akademisi yang telah malang melintang di institusi pendidikan tinggi.

Karirnya dimulai dari merintis dan mengelola Program Internasional di Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang. Tahun 2012 dilantik oleh Gubernur Irwan Prayitno sebagai Ketua STAI-PIQ Sumatera Barat sekaligus sebagai Pimpinan Ma’had Ali.

Tahun 2015 dilantik menjadi Rektor IAIN Imam Bonjol tahun 2015. Di tahun 2017 dilantik menjadi Rektor pertama UIN Imam Bonjol setelah berhasil memimpin alih status lembaga tersebut.

Setelah berhasil melakukan recovery kampus utama UIN di Lubuk Lintah pasca gempa 2009, pria hobi olahraga ini selama tahun 2019-2021 berhasil membangun kampus tiga di Sungai Bangek dengan dana sebesar Rp 575 Miliar dari skema pembiayaan SBSN. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.