24/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Prodi Animasi D4 PNP Terima SK Kemendikburistekdikti, Langsung Tampung Mahasiswa Baru Dua Kelas

Prodi Animasi D4 PNP Terima SK Kemendikburistekdikti, Langsung Tampung Mahasiswa Baru Dua Kelas

Padang,  rakyatsumbar.id–Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali menambah Program Studi (Prodi) baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Pembukaan Prodi  Animasi Program Sarjana Terapan (DVI) PNP ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti), Rabu (24/1).

Direktur Politeknik Negeri Padang Dr Surfa Yondri SST ST Mkom  mengatakan, kehadiran Program Studi Animasi ini karena melihat kebutuhan pasar.  Sebab ke depannya tenaga kerja terampil di bidang animasi sangat dibutuhkan.

“SK Pembukaan Prodi Animasi dari Kemenristekdikti i telah kita peroleh.  Insya Allah tahun ini,  akan dilakukan penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri,” sebutnya.

Hal ini disampaikannya usai kegiatan penyerahan SK dari Ketua  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Afdalisma di Ruang Sidang Lantai II Gedung Utama LLDIKTI Wilayah X,.

Ia mengatakan, Prodi Animasi Program DVI tersebut berada dibawah Jurusan Teknologi Informasi. Dibukanya Program Studi Animasi ini juga dilandasi ketersediaan dosen yang memadai. Baik dari Politeknik Negeri Padang sendiri, praktisi maupun mitra.

“Sejauh ini telah ada sejumlah perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan Prodi Animasi.  Hal ini bentuk keseriusan yang kita siapkan dalam pembukaan Prodi baru ini ,” jelasnya.

Ia mengatakan pembukaan Prodi Animasi tersebut bisa dilakukan karena ketersedian dosen sudah yang memadai. Baik dari Politeknik Negeri Padang sendiri, praktisi maupun mitra.NextDalam pembukaan program studi baru ini industri juga dilibatkan, termasuk dalam penyusunan kurikulum.

“Setelah diproses dan izin terbit, industri juga dilibatkan sebagai staf pengajar dan penerimaan pemagangan mahasiswa. Jadi proses pembelajaran ini sudah melibatkan praktisi dan industri sebagai mitra PNP. Ini juga bagian upaya kita dalam  mendukung program merdeka belajar kampus merdeka Kemendikbudristek,” terangnya.

Ia berharap melalui Program Studi Animasi ini melahirkan sumber daya manusia atau lulusan cakap dalam bidang animasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia industri. Terkait Prodi Animasi ini, ia juga mengharapkan sinergi dan kolaborasi dari perguruan tinggi yang berada di bawah naungan LLDIKTI Wilayah X agar prodi tersebut maju dan berkembang.

“Dengan kehadiran Program Studi Animasi ini, Politeknik Negeri Padang telah memiliki 37 program studi. Rinciannya terdiri dari 2 Prodi Diploma 2 Fast Track, 18 Prodi Diploma III, 15 Prodi Diploma IV/Sarjana Terapan dan 2 Prodi Magister Terapan,” ungkapnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma menyampaikan apresiasi kepada Direktur Politeknik Negeri Padang dan jajaran yang  kembali melahirkan program studi baru.

Ia melihat perguruan tinggi tersebut  termasuk yang produktif hampir setiap tahunnya memunculkan prodi baru yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

“Seperti Prodi Animasi ini, pembukaan Prodi Animasi tentunya bentuk upaya yang dilakukan pihak Politeknik Negeri Padang dalam menyiapkan tenaga kerja yang banyak dibutuhkan saat ini. Semoga  prodi animasi PNP maju dan berkembang,” sebutnya dalam kegiatan penyerahan SK Pembukaan Program Studi Animasi Sarjana Terapan Politeknik Negeri Padang,  di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Utama LLDIKTI Wilayah X,  Rabu (24/1).

Dalam kegiatan ini dilakukan penyerahan SK kepada 20 perguruan tinggi  yang berada dibawah naungan LLDIKTI Wilayah X.  Diantaranya penyerahan SK  pembukaan program studi baru di beberapa perguruan tinggi.

Selain itu juga dilakukan Penyerahan SK Izin Lokasi  Universitas Islam Sumatera Barat dari Kabupaten Solok ke Kota Padang, SK IzinPendirian Politeknik Pengadaan Nasional , di Kota Pekanbaru Riau,

Kemudian SK Izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Marcubakti Padang menjadi Universitas Marcubakti.

Pada kegiatan ini juga diserahkan SK Pencabutan Izin Pembukaan Program Studi Gizi Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Keluarga Bunda Jambi. (mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.