22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Puskesmas Diminta Perbaiki Mutu Layanan

Puskesmas Diminta Perbaiki Mutu Layanan

Untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas DinkesĀ  Pessel turunkan Tim TPCB.


Painan, rakyatsumbar.id – Semua puskesmas di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) didorong agar mampu memenuhi standar penyelenggaraan dalam melakukan perbaikan mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan.

Upaya itu juga dilakukan terhadap Puskesmas IV Koto Mudik, Kecamatan Batang Kapas, yang saat ini juga tengah mempersiapkan penilaian akreditasi.
“Agar harapan itu tercapai, sehingga Dinas Kesehatan teah menurunkan Tim Pembinaan Cluster Binaan (TPCB).”

“Tim ini bertujuan melakukan pendampingan terpadu terhadap Puskesmas IV Koto Mudik yang akan direakreditasi di tahun 2023 ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Syahrizal Antoni.

Dijelaskannya, tim yang sudah diturunkan sejak tanggal 7 September 2023 lalu itu, bertujuan untuk memberikan dorongan kepada puskesmas agar memenuhi standar penyelenggaraan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, serta memfasilitasi puskesmas untuk melakukan perbaikan mutu pelayanan kesehatannya secara berkesinambungan.

“Penilaian akreditasi puskesmas itu juga dilakukan terhadap kelompok administrasi dan manajemen, Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM),” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa tim TPCB tersebut juga memberi rekomendasi kepada puskesmas, terkait upaya-upaya perbaikan dan kelengkapan berkas.
“Seperti tersedianya regulasi internal program seperti (SK, SOP, pedoman panduan) yang di buat sesuai dengan tata naskah dalam mencapai pelayanan yang berkualitas sebagaimana diharapkan itu,” tutupnya. (rik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.