02/12/2022
Beranda » Pulang Zona Merah, Gubernur Irwan Prayitno Langsung Test Swab di BIM

Pulang Zona Merah, Gubernur Irwan Prayitno Langsung Test Swab di BIM

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menjalani test swab di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) setelah pulang dari perjalanan ke kantor BNPB di Jakarta, Rabu (12/08/2020). (hms)

Padang, rakyatsumbar.id–Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama staf menjalankan PCR dan swab test di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (12/8). Ini dilakukan usai kunjungan kerja ke Jakarta, kantor BNPB terkait koordinasi penanganan darurat untuk abrasi pantai Kota Padang sekaligus penyerahan dokumen penanganan Covid-19.

Ini membuktian, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tak sekedar omong kosong dalam melaksanakan aturan yang dibuatnya sendiri melalui  surat edaran yang dikeluarkan awal Agustus lalu.  Wajib  ikuti PCR dan test swab saat masuk ke Sumbar.

Apalagi saat ini penambahan kasus baru positif Covid-19 di Sumbar terus terjadi. Rabu (12/08/2020) bertambah 27 orang dinyatakan positif, dari 929 sampel yang diperiksa. Totalnya sampai hari ini telah 1.215 orang warga Sumbar terinfeksi Covid-19, 834 orang telah sembuh dan 36 orang meninggal dunia.

“Swab test salah satu langkah untuk mendeteksi dan antisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi Saya baru berkunjung ke daerah zona merah yang penyebarannya sama-sama kita ketahui sendiri. Untuk mencegah terjadinya hal-hal tak diinginkan, Saya bersama staf lakukan swab test,” ucap Irwan.

Dengan melaksanakan swab test, gubernur menunjukkan kepada jajarannya untuk mematuhi aturan yang telah ada. Menurutnya, tak ada pengecualian untuk hal ini. Siapa saja yang melakukan perjalanan dinas luar daerah wajib hukumnya melaksanakan swab test, meskipun dari daerah hijau sekalipun.

“Tidak usah takut melaksanakan test swab di Bandara setelah mendarat. Testnya cepat dan nyaman. Saya saja karena tuntutan tugas, telah lebih 10 x melakukan test PCR. Apalagi test PCR di BIM gratis tak dipungut bayaran. Semua biaya ditanggung Pemerintah provinsi Sumatera Barat,” tambahnya.

Ia mengingatkan, siapa saja bisa terkena virus berbahaya ini. Tak ada jaminan kebal dari Covid-19. Sudah banyak contoh kasus terjadi, dimana pejabat daerah terkonfirmasi positif.

“Kita musti selalu waspada. Jangan sampai Kita yang jadi carrier. Sayangi keluarga dan orang-orang terdekat. Untuk itu, lakukanlah swab jika kembali dari luar daerah. Ciptakan antisipasi dini penyebarannya,” ungkapnya.

Ia juga meminta seluruh ASN, karyawan BUMN, BUMD, pejabat daerah di lingkungan Provinsi Sumbar yang  kunjungan ke luar daerah, saat masuk kembali ke Sumbar dapat mengiikuti test PCR dan swab test. Sebab ini menjadi langkah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di tempat kerjanya masing-masing.

“Saya ingin semuanya juga berlaku sama. Selain itu tetap terapkan protokol kesehatan, gunakan masker dengan benar, lakukan physical distancing serta rajin cuci tangan. Tak lupa selalu berdoa, agar pandemi ini segera berakhir,” tutupnya. (rel/mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.