Propam Polda Cek Kelayakan Senpi Personil Polres Pasaman

497
Propam Polda Sumbar ketika melakukan pengecekan senpi personil Polres Pasaman

Pasaman, rakyatsumbar.id—Propam Polda Sumbar lakukan pemeriksaan senjata api (Senpi) milik anggota Polri di jajaran Polres Pasaman, Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 10.30 WIB di Mapolres setempat.

Kegiatan pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan senpi dinas personil Polres Pasaman itu dipimpin oleh Kasubdid Provos Polda Sumbar, Kompol Afrizon dan jajaran lainnya.

“Ya benar, puluhan senjata api (Senpi) milik anggota kita di jajaran Polres Pasaman diperiksa oleh Kasi Propam Polda Sumbar'” ujar Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah di Lubuk Sikaping, Rabu pagi.

Kata Kapolres, pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan senpi milik anggota itu mulai dari senpi laras pendek, hingga senpi laras panjang.

“Pemeriksaan atau pengecekan senpi ini memang rutin dilakukan. Senjata api yang rusak diperbaiki serta yang hilang diganti dan sebagainya,” terangnya

Dia menjelaskan, pemeriksaan senpi itu tidak hanya dilakukan dijajaran Polres Pasaman saja, akan tetapi juga dilakukan di Polda yang dilaksanakan oleh Kasubdid Provos Polda Sumbar.

Selain itu, tugas Kasubdid Provos Propam Polda Sumbar juga melakukan pembinaan kedisplinan anggota termasuk juga dengan pengelolaan senjata api serta pengamanan anggota di internal.

“Sedangkan senjata api yang diperiksa, jumlahnya diperkirakan dua per tiga dari jumlah personel Polres Pasaman. Dan jumlah senpinya puluhan,” tambahnya.

Sementara itu, Kasubdid Provos Polda Sumbar, Kompol Afrizon mengatakan, pemeriksaan senpi milik anggota ini dilakukan rutin tiap bulan maupun insidentil. Hal ini dalam rangka pengawasan dan pengendalian penggunaan senjata api yang dipegang oleh anggota.

“Tujuan pemeriksaan senpi ini yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api, dan amunisi oleh anggota Polri,” ucap

Kompol Afrizon juga mengatakan, selain cek kelengkapan surat izin pinjam pakai senjata api bagi personil, kelengkapan amunisi serta kelayakan dan kebersihan senpi pun juga tak luput dari pemeriksaan.

Lanjut Kasubdid Provos Polda Sumbar, seluruh anggota diminta agar lebih bertanggung jawab dengan senpi yang dipegang, baik itu masalah keamanan serta penyimpanannya.

“Dengan rutinnya pemeriksaan senpi di jajan Polri ini, yang tak kalah penting pelanggaran penyalahgunaan senpi bisa dihindari,” tukasnya. (zon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here