22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Kuliah di PNP Dibiayai PT Semen Padang, Hingga Uang Saku Bulanan Ditanggung

Kuliah di PNP Dibiayai PT Semen Padang, Hingga Uang Saku Bulanan Ditanggung

Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra dan Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri usai melakukan penandatangan perjanjian terkait Program Bangsa, didampingi Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri dan Wakil Direktur IV PNP Ihsan Lumasa Rimra.


Jelang pukul 08.30 WIB, Wisma Indarung kawasan pabrik PT Semen Padang pada Kamis (22/2) terlihat mulai kedatangan para tamu dan undangan untuk menghadiri kegiatan Penandatanganan perjanjian antara PT Semen Padang dengan Stakeholder terkait program TJSL tahun 2024.

Muharman—Padang

Ada 6 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PT Semen Padang yang dilakukan penandatanganannya dihadiri langsung Direktur Utama Indrieffouny Indra tersebut, diantaranya Program Bangsa (Beasiswa Anak Nagari Semen Padang).

Program Bangsa merupakan kelas kerjasama dan seleksi bersama PT Semen Padang dengan Politeknik Negeri Padang pada Program Studi Diploma Tiga Teknik Mesin Tahun Akademik 2024/2025.

Pendaftaran untuk kelas kerjasama PT Semen Padang ini telah berlangsung dan akan berakhir pada 27 Februari mendatang, kemudian seleksi UTBK akan dilaksanakan pada Sabtu 2 Maret 2024. Masa pendidikan dan beasiswa dari Program Bangsa ini selama 3 tahun dan 6 bulan bekerja magang di PT Semen Padang.

Cakupan beasiswa, uang kuliah tunggal, asuransi, biaya Diksar, seragam pratikum dan uang saku bulanan. Persyaratan umum untuk calon mahasiswa Program Bangsa, usia maksimal 19 tahun per 1 Agustus 2024, lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK keahlian permesinan, teknik otomotif, teknik elektro industri, teknik konversi energi, teknik instalasi tenaga listrik, teknik listrik industri, teknik produksi industri, teknik perkapalan dan teknik penerbangan.

Syarat khususnya, berdomisili di Kelurahan Indarung, Batu Gadang, Padang Besi, Bandar Buat, Tarantang, Baringin, koto Lalang, Koto Lua. Limau Manis, Limau Manis Selatan dan Pampangan sesuai dengan Kartu Keluarga Orang tua. Kemudian mendapatkan surat rekomendasi dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) masing-masing daerah.

“Tujuan Program Bangsa ini adalah untuk meningkatkan ompetensi dan keahlian masyarakat yang tinggal di Ring 1 PT Semen Padang. Dalam mengembangkan kompetensinya tersebut kita memberikan peluang kepada 25 orang untuk mengikuti pendidikan di PNP. Kita bekerjasama dengan PNP agar mereka dididik dan didekatkan dengan indutri bekerja magang di perusahaan,” sebut Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra yang diwawancarai usai kegiatan tersebut.

Menurutnya, ilmu yang didapat di PNP, didukung pengalaman langsung di industri tentunya akan menjadikan mereka (anak nagari) di sekitar lingkungan perusahaan PT Semen Padang tersebut memiliki daya saing memasuki dunia kerja.

“Inilah program bangsa yang digagas PT Semen Padang bersama PNP dan juga masyarakat lingkungan melalui kerapatan adat nagari,” ungkapnya.

“Kita akan lihat perkembangan dari Program Bangsa ini, jika saat ini untuk Prodi Teknik Mesin, tentu ke depan juga bisa menyiapkan SDM bidang lainnya dikerjasamakan dengan PNP untuk mendapatkan SDM yang siap pakai di dunia industri,” jelasnya.

Menurutnya, industri sangat banyak membutuhkan tenaga kerja siap pakai. Kenapa dengan PNP, karena lulusannya siap pakai. “Kita tidak banyak butuh pembinaan saat diterima, bisa cepat beradaptasi, kerana didukung dengan pendidikan cukup di PNP, kita mudah memberikan bimbingan,” tambahnya.

Direktur PNP Surfa Yondri menyebutkan kerjasama antara PT Semen Padang dan PNP ini telah lama terjalin. Pihaknya sangat menyambut baik kepercayaan yang diberikan PT Semen Padang dalam melaksanakan Program Bangsa (Beasiswa Anak Nagari Semen Padang) menyiapkan lulusan yang berkompeten untuk terserap nantinya di dunia industri, tidak hanya untuk perusahaan Semen Padang.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah mempercayakan PNP untuk melaksanakan program ini. Pada tahap ini kita baru membuka untuk Prodi Teknik Mesin untuk pilot projet, mudah-mudahan bisa dikembangkan ke prodi lainnya di PNP,” terangnya.

Ia berharap Program Bangsa ini dapat dimamfaatkan masyarakat atau lulusan SMA/MA atau SMK terkait di ring 1 PT Semen Padang. Dengan program ini dapat mengisi kekurangan SDM bidang permesinan di dunia atau program studi lainnya nanti di PNP.

“Untuk lulusannya tentu tidak tertutup kemungkinan nanti bekerja di PT Semen Padang atau bekerja di perusahaan lainnya,” jelasnya.

Di dalam proses pembelajaran, Surfa Yondri menyebutkan PNP telah duduk bersama untuk membuat kurikulum dengan mengadopsi merdeka belajar kampus merdeka sehingga sistem pembelajaran untuk kelas kerjasama tersebut dengan sistem sharing, pengajarnya dari PNP dan PT Semen Padang, tempat belajarnya juga demikian, ada di PNP dan Semen Padang.

“Mungkin mahasiswa dari program ini berkuliahnya akan lebih banyak berlokasi di kawasan pabrik PT Semen Padang dibandingkan kampus kita PNP,” ungkapnya.

Lulusan yang dihasilkan tentunya sesuai dengan kebutuhan industri. Ia menyampaikan dari awal semua proses dilakukan bersama sehingga lulusan yang dihasilkan diharapkan memiliki kompeten sesuai dengan kebutuhan dunia indutsri. “Itu target kita,” tegasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada calon mahasiswa dari Program Bangsa ini menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi dengan sebaik-baiknya. Setelah diterima belajar sungguh-sungguh, ikuti prosedur yang berlaku, dan jangan droup out. Sebab sangat banyak yang ingin berkuliah, namun tidak memiliki kemampuan dibidang ekonomi.

“Alhamdulillah, pembiayaan uang kuliah, baik UKT ditanggung Semen Padang, ada uang saku bulanan, uang Diksar kedisplinan , begitu juga untuk seragam praktikum hingga asuransi mahasiswa juga ditanggung PT Semen Padang,” terangnya pada kegiatan yang juga dihadiri Wakil Direktur IV PNP Ihsan Lumasa Rimra.

Ia menyampaikan disamping kelas kerjasama Program Bangsa ini, pada tahun akademik 2024/2025 ini PNP akan menerima mahasiswa baru sebanyak 2.552 orang untuk program DII, DIII, DIV. Penerimaan tersebut melalui SPMB, SNBP, dan SNBT selanjutnya seleksi mandiri, untuk kelas kerjasama PT semen Padang ini melalui seleksi khusus.

“PNP sudah semakin berkembang, memiliki 37 program studi, dan terbaru Prodi Animasi untuk Sarjana Terapan. Kami punya dua Prodi magister, sarjana terapan (DIV) 17 Prodi, Diploma Tiga (DIII) 18 Prodi, kemudian dua prodi pada Fast Track (DII),” jelasnya.

“Di mana untuk Program Fast Track ini, mahasiswa 6 bulan kuliah di kampus, satu tahun magang di industri. Pada Maret ini untuk angkatan pertamanya di wisuda, dan sebagian besar telah bekerja di tempat magangnya sebelumnya,” bebernya.

Pada kegiatan penandatanganan perjanjian antara PT Semen Padang dengan Stakeholder terkait program TJSL tahun 2024 itu, selain Program Bangsa juga ada Program Magot, Program Songket, Program Ikan Garing , Program Kaliandra, Program Kopi Padayo

Pada kegiatan ini terlihat hadir Direktur Keuangan dan Umum Oktoweri, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis, Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, dan Kepala Unit CSR PT. Semen Padang Dedi Muhamad Sidiq.
Kemudian, Wakil Rektor IV Unand Henmaidi, bersama pimpinan LPPM Unand dan Dekan FMIPA dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Wakil Rektor III Universitas Bunghatta, kemudian dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Koperindag Kota Sawahlunto, HKM Sialangan, dan Kube Organik Feed dan Dolas Songket. (Muharman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.