22/04/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » Empat Prodi Unand Divitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Empat Prodi Unand Divitasi Akreditasi Internasional ASIIN

Empat Prodi Unand divitasi akreditasi internasional ASIIN.


Padang, rakyatsumbar.id – Universitas Andalas terus berbenah dengan menerapkan dan memperoleh standar kualitas yang sesuai dengan standar internasional, memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada semua Program Studi (Prodi) untuk memenuhi standar global dan mempersiapkan diri untuk mengikuti penilaian oleh lembaga akreditasi internasional.

Hal itu, diungkapkan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt saat divisitasi akreditasi internasional Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) selama dua hari 21-22 Februari 2024 di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

ASIIN merupakan Lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman dan diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Dengan demikian, dikatakannya Universitas Andalas diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten di masa depan.

Untuk memenuhi standar global, Universitas Andalas kembali mengusulkan dua Prodi dari Fakultas Keperawatan (Prodi Sarjana dan Magister Keperawatan), dan dua Prodi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Prodi Sarjana dan Magister Matematika) untuk diakreditasi oleh ASIIN.

Adapun tim Expert Panels ASIIN terdiri dari Prof. Dr. Marin Buhmann, Prof. Dr. Thomas Gotz, Betty Handayani, Richie Mayandel Valerio. Lalu, Prof. Dr. Yati Afiyanti, Prof. Dr. Vasiliki Kolovou, Maulida Nurliza, Kusnul Chotimah, serta perwakilan dari ASIIN Dr. Andrea Kern dan Dipl. Phys Rainer Arnold.

Akreditasi internasional ini terutama ASIIN, dikatakan rektor secara tidak langsung memiliki dampak positif pada atmosfer akademis salah satunya dapat mendatangkan langsung dosen dari kampus luar negeri untuk mengajar, begitu juga dosen Universitas Andalas dapat mengajar di luar negeri.

“Dengan demikian, mobilitas bisa lebih mudah terjadi, tidak hanya dosen, tetapi mahasiswa dari luar negeri juga bisa belajar di sini,” tambahnya yang didampingi oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Andalas Prof. Ir. Nilda Tri Putri, ST, MT.
Ia berharap dengan meraih akreditasi ASIIN ini, Universitas Andalas akan lebih diakui di tingkat internasional dan alumni juga akan menerima penghargaan yang baik di dunia kerja dan industri.

“Selain itu, juga akan mempengaruhi akreditasi Prodi di Universitas Andalas dan tentunya Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek,” pungkas rektor.

Turut hadir dalam proses akreditasi ini, Wakil Ketua MWA (Prof. Werry Darta Taifur), Ketua Senat Akademik (Prof. Syafrizal Sy), Wakil Rektor I (Prof. Syukri Arif, M. Eng), Wakil Rektor II (Dr. Khairul Fahmi, SH, MH), Wakil Rektor III (Dr. Hefrizal Handra, MSoc), Wakil Rektor IV (Dr. Henmaidi, ST, MT), Sekretaris Universitas (Dr. Aidinil Zetra), Direktur Pendidikan dan Pembelajaran (dr. Nur Afrainin Syah, Ph. D), Direktur Teknologi Informasi (Hendery Dahlan, Ph. D), Dekan FMIPA (Dr. Mahdivan Syahwan, MSi) bersama Wadek I dan II, Dekan FKEP (Prof. Hema Malini, Ph. D) bersama Wadek I, II, dan III.(ri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.