27/11/2022
Beranda » Polisi Bantu Stok Darah saat Covid-19

Polisi Bantu Stok Darah saat Covid-19

Biddokkes Polda Sumbar Gelar Donor Darah

Padang, Rakyat Sumbar — Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sumbar, melaksanakan donor darah di ruangan Awaluddin Djamin, Gedung Disamapta Polda Sumbar, Kamis, (2/4) sekira pukul 08.00.

“Penderma darah sebanyak 64 orang. Para peserta merupakan personel Polri di Polda Sumbar,” kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu. 

Ia melanjutkan, donor darah dilaksanakan oleh Biddokkes Polda Sumbar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang. Kegiatan ini kepedulian Polri terhadap kemanusiaan.

Foto: Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sucipto, mengecek Kabid Propam Kombes Pol Edi Suroso, yang donor darah. (HUMASPOLDASUMBAR)



“Donor darah ini dalam rangka mengantisipasi meluasnya virus Corona atau Covid-19, untuk menyelamatkan pasien-pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit,” ujar Satake.

Terpisah Kabiddokkes Polda Sumbar, Kombes Pol dr. Sucipto mengatakan, peserta donor darah merupakan personel Polri. Donor darah tersebut merupakan permintaan dari PMI.

“Permintaan dari PMI dengan situsi seperi ini yang donor kurang, minta bantuk ke Polda Sumbar karena stok darahnya menipis,” ungkap Sucipto, di Mapolda Sumbar. 

Foto: Salah seorang personel Polri sedang diperiksa kesehatannya sebelum donor darah. (HUMASPOLDASUMBAR)


Ia menyatakan, Polri sebagai penolong masyarakat yang membutuhkan darah disaat orang kurang hasrat karena Covid-19, selalu siap menolong PMI dan warga yang membutuhkan darah.

“Polisi tetap membantu persediaan darah di Kota Padang, walaupun pandemi Covid-19 sedang mewabah, dengan harapan bisa meringankan tugas PMI. Dalam setahun sekitar 3-4 kali kita melaksanakan donor darah,” sebutnya.

Menurut Sucipto, kurangan minat masyarakat untuk mendonorkan darah karena ada imbauan dari pemerintah terkait pembatasan ke luar rumah.

“Masyarakat cenderung berada di rumah, apabila merkea keluar rumah, tentu kebutuhan yang sangat penting diutamakan, sehingga pendonor kurang akibatnya stok darah menipis,” ulasnya. (byr)



Foto utama: Kabiddokkes Polda Sumbar Kombes Pol dr. Sucipto, ketika mendampingi Dirsamapta Kombes Pol Tafianto Eko Atmojo, saat donor darah. (HUMASPOLDASUMBAR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.