14/08/2022
Beranda » Pocil Pelopor Keselamatan Lalu-lintas

Pocil Pelopor Keselamatan Lalu-lintas

Ditlantas Gelar Lomba Tingkat Nasional

Padang, Rakyat Sumbar — Polisi cilik (Pocil) dibentuk untuk menanamkan disiplin berlalu-lintas sejak dini. Oleh karena itu, Pocil pun diharapkan menjadi pelopor keselamatan berlalu-lintas.

“Penanaman karakter sejak dini kepada Pocil sangat penting, kendati demikian penanaman karakter diri bukanlah suatu hal yang mudah, sehingga perlu kerja-sama antara polisi dengan Pocil,” kata Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Yofie Girianto Putro, saat Lomba Polisi Cilik (Pocil) Nasional Korlantas Polri 2020, di gedung Rangkayo Basa, Kamis (5/3) siang.

Ia melanjutkan, polisi lalu lintas (Polantas) sebagai pembina Pocil, berharap dapat mencipatkan kader-kader bangsa yang berdisiplin, patuh, dan taat peraturan yang berlaku.

“Pocil dibentuk berdasarkan program Korlantas Polri. Tentu, sangat diharapkan sekali peran mereka untuk menjadi pelopor keselamatan khususnya di bidang lalu-lintas, termasuk juga peran orang tua dan sekolah,” ungkap Yofie.

Masih kata Yofie, lomba Pocil tingkat nasional ini dilaksanakan tidak hanya sekedar menentukan para juara, tetapi untuk meningkatkan silaturahmi sesama Pocil, sehingga tercipta persatuan dan kesatuan bangsa sebagai generasi penerus.

“Harapan kita, Pocil Ditlantas Polda Sumbar dapat peringkat juara nasional. Kepada juri, saya yakin dan percaya akan memutuskan yang terbaik dari tiga peserta,” ujarnya.

Sekitar 150 Pocil mengikuti lomba tersebut. Mereka adalah Pocil dari Polresta Padang, Polres Padangpariaman, fan Polres Pasaman. Juara pertama akan mewakili Polda Sumbar pada tingkat nasional di Jakarta.

Pada lomba Pocil tingkat nasional tersebut juga dihadiri oleh rombongan dari Korlantas Mabes Polri, yang diketui oleh Kombes Rudi Syafirudin. (byr)

Foto: Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro, menyematkan pin kepada salah seorang Pocil, saat lomba kemarin.(ISTIMEWA)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.