21/05/2024

rakyatsumbar.id

Berita Sumbar Terkini

Beranda » PNP dan Semen Padang Umumkan 25 Camaba Penerima Program BANGSA

PNP dan Semen Padang Umumkan 25 Camaba Penerima Program BANGSA

PNP dan Semen Padang Umumkan 25 Camaba Penerima Program BANGSA.


Padang, rakyatsumbar.id – Politeknik Negeri Padang (PNP) mengumumkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 Program Beasiswa Anak Nagari Semen Padang (BANGSA).

Sebanyak 25 orang calon mahasiswa baru (Camaba) PNP yang berasal dari masyarakat lingkungan perusahaan PT Semen Padang, dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan beasiswa Program BANGSA dari PT Semen Padang. Informasi kelulusan itu, juga diumumkan oleh PNP melalui website https://www.pnp.ac.id/?p=16475.

Pengumuman itu berdasarkan Keputusan Direktur PNP Nomor 319/PL9/KM/2024 tertanggal 28 Maret 2024 tentang Penetapan Calon Mahasiswa Baru PNP yang diterima melalui seleksi Program BANGSA Kelas Kerja sama PT Semen Padang dengan PNP Program Studi D-III Teknik Mesin, Tahun Akademik 2024/2025.

Dalam keputusan itu, PNP juga mengumumkan 7 nama yang dijadikan sebagai cadangan untuk penerima Program BANGSA. ” 25 orang ini merupakan hasil seleksi UTBK berdasarkan aturan Kemendikbudristek,” kata Direktur PNP, Surfa Yondri, Senin (22/4/2024).

“Jika dari 25 orang ini ada menyatakan mengundurkan diri atau tidak melakukan daftar ulang, maka bisa digantikan oleh calon mahasiswa PNP Program Bangsa yang dijadikan sebagai cadangan. Ini, supaya kuotanya terpenuhi,” sambung orang nomor satu di perguruan tinggi negeri vokasi tersebut.

Surfa Yondri mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan kepercayaan kepada PNP untuk menyeleksi calon mahasiswa baru program BANGSA untuk Program Studi D-III Teknik Mesin. Dia berharap 25 orang calon mahasiswa baru ini dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

“Ini tahun pertama untuk kelas kerja sama dengan Semen Padang. Kami berharap mahasiswa baru Program BANGSA ini dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, termasuk mengikuti kegiatan dan program yang telah dicanangkan PNP dengan Semen Padang,” ujarnya.

Wakil Direktur IV Bidang Kerja Sama PNP, Ihsan Lumasa Rimra, menambahkan bagi calon mahasiswa PNP yang dinyatakan lulus/diterima melalui seleksi UTBK Program BANGSA harus melaksanakan pra registrasi (mendaftar ulang) sesuai dengan prosedur dan jadwal yang telah ditetapkan.

Jadwal pendaftaran ulang untuk penyiapan berkas oleh calon mahasiswa baru dimulai pada 29 Maret-2 April 2024. Kemudian pra registrasi (Upload Berkas) pada 3-7 April 2024, dan untuk jadwal pengumuman hasil pra registrasi pada 18 April 2024 yang diumumkan melalui website https://pnp.ac.id.

Terkait kerja sama PNP dengan PT Semen Padang, Ihsan menyebut bahwa PNP memberikan kesempatan muatan lokal atau muatan khusus berupa magang yang dilakukan di setiap semester, maupun beberapa pratikum yang juga dilakukan di PT Semen Padang, serta beberapa program khusus lainnya.

Namun, kata dia, untuk jadwalnya akan dikomunikasikan kembali dengan pihak PT Semen Padang. Karena pada Program BANGSA ini, akan ada proses pembelajaran di luar kampus selama 2 semester. “Apakah 2 semester ini full dilakukan Semen Padang atau tidak, ini yang akan kami komunikasikan nantinya,” kata Ihsan.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis melalui Kepala Unit CSR Dedi Muhammad Sidiq mengucapkan selamat kepada 25 putra-putri terbaik masyarakat lingkungan perusahaan yang diterima sebagai mahasiswa baru PNP melaui Program BANGSA.

“Selamat kepada putra-putri terbaik di lingkungan perusahaan yang telah dinyatakan lulus sebagai mahasiswa baru PNP melalui Program BANGSA. Program ini merupakan kerja sama Semen Padang dengan PNP yang dimulai tahun 2024 ini,” katanya.

Pada program ini, tambah Dedi, mereka akan mendapat fasilitas pembiayaan uang semester hingga tamat kuliah dan juga uang saku bulanan. “Untuk itu, kami berharap kepada penerima Program BANGSA untuk dapat memanfaatkan kesempatan baik ini sesuai dengan ekspektasi kami di Semen Padang,” pungkas Dedi.

Ia menambahkan, Program Bangsa ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian generasi muda yang tinggal di Ring 1 PT Semen Padang. “Dalam mengembangkan kompetensinya tersebut kita memberikan peluang kepada 25 orang untuk mengikuti pendidikan di PNP. Kita bekerjasama dengan PNP agar mereka dididik dan didekatkan dengan industri bekerja magang di perusahaan,”katanya.

Menurut dia, ilmu yang didapat di PNP, didukung pengalaman langsung di industri tentunya akan menjadikan anak nagari di lingkungan perusahaan PT Semen Padang memiliki daya saing. “Inilah program bangsa yang digagas PT Semen Padang bersama PNP dan juga masyarakat lingkungan melalui Kerapatan Adat Nagari,” ungkapnya. (ri)

Berikut nama-nama penerima Program BANGSA dari PT Semen Padang:

1 SHAKILA AURA KHAIRUNNISA
2 NAJMI ZAHABIYYAH EDFA
3 MISHBAHUL FAJRI
4 CIKAL PERDANA EKA PUTRA
5 LU’LU MASYURAH GHASSANI
6 NATASYA AMELIA PUTRI
7 ILHAM
8 ADITIYA RAHMAN
9 MUHAMMAD DAFFA
10 MUTHIA RAUDAH
11 JULI ARDI FADILA
12 ACHMAD LUTHFI
13 MUHAMMAD FADHILRAHMAN
14 ANDRIANO PRIMA
15 RAHIM
16 IQBAL YULIANDES FAHREZI
17 ALIF EL SHIDDIQ
18 AIDIL ILHAM
19 NISRINA ZAHRA PUTRI
20 HABI FEBRIAN ANANDA
21 RAGIL MUHAMMAD RAZAK
22 ZAKKI SURYA ANANDA
23 MOCH ILHAM SETIAWAN
24 FERDIAN
25 ALDI SYAHPUTRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.